Inspiratif, Kisah Pemuda Desa Semanten Sukses Budidaya Lele Modal Belajar Dari Internet - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Senin, 20 November 2023

Inspiratif, Kisah Pemuda Desa Semanten Sukses Budidaya Lele Modal Belajar Dari Internet




Senin, 20 November 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Pasca berakhirnya masa Pandemi Covid-19 kemarin, masyarakat mulai bangkit untuk terus meningkatkan taraf ekonominya, sama halnya seperti yang telah dilakukan oleh sosok pemuda yang gigih Afig Hidayat. la berinovasi memanfaatkan lahan milik Orangtua di desa Semanten kecamatan pacitan, kabupaten Pacitan untuk budidaya ikan lele. 

Meski terbilang masih baru, Afig merintis usaha tersebut, akan tetapi usahanya membuahkan hasil yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari. 

“Alhamdulilah selam budi daya ikan lele ini, saya mendapatkan hasil panen bisa di bilang cukup lumayan untuk kebutuhan keluarga,"  kata Afig saat di konfirmasi oleh awakmedia. 

Afig mengaku, Pertamakalinya memulai usaha lele ini, hanya mengunakan kolam trepal. Modalnyapun hanya sekitar dua (2) juta rupiah. Namun seiring berjalanya waktu denagn rasa syukur sudah bisa menggunakan kolam beton yang lebih luas.

 "Untuk budidaya ikan lele,  informasi yang saya dapatkan paling banyak dari pengambilan YouTube. Banyak sekali ilmu yang ia pelajari seputar budidaya lele dari internet. saya banyak sekali mendapatkan tutorial mengenai budidaya lele. Dan sekarang saya bisa mempraktekanya pada usaha saya sendiri", ujarnya sambil tersenyum puas. 

Hingga kini Afig telah memiliki sepuluh kolam lele, untuk bibit ia dapatkan dari mitra kerja sesama budidaya lele. Afig menambahkan, untuk kesulitan yang ia hadapi dalam bisnis budidaya lele adalah pakan, di pacitan rata rata sedikit sulit untuk mendapatkan pakan ikan dalam sekala besar di karenakan masalah distribusi.

 “semoga kedepan di Pacitan stok untuk pakan bisa dengan mudah didapatkan, dengan begitu nilai produksi akan terus meningkat", Afig menandaskan. 


Editor     : Agus Hermawan

Pewarta: Ganes Yastra Fandika

Tidak ada komentar: