Perkim Kab. Pacitan, Teknologi Balutan Ferosemen Untuk Penguat Bangunan Rumah Lama Sederhana Yang Belum Berstruktur Beton - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Jumat, 07 Juni 2024

Perkim Kab. Pacitan, Teknologi Balutan Ferosemen Untuk Penguat Bangunan Rumah Lama Sederhana Yang Belum Berstruktur Beton


Jum'at, 7 Juni 2024

Mediaportalpacitan.com
Pacitan -  Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan Melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Perumahan (Perkim) yang di nahkodai Kepala Dinas Perkim Heru Tunggul menyampaikan kepada awak mediaportalpacitan.com terkait Teknologi Ferosemen sebagai alternatif dalam penguatan struktur bangunan rumah terbangun (existing) sederhana satu (1) lantai yang belum berstruktur, sehingga mampu meminimalisir kerusakan akibat guncangan gempa di Jl. Dr. Sutomo, Krajan, Pacitan, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 6352.

"Teknologi ini merupakan metode penguatan  bangunan rumah yang belum ada strukturnya, dengan dasar pasangan kawat (wiremesh)  sebagai lapisan pada dinding tembok yang diplester dengan menggunakan beton bertulang yang berbeda dari jenis betin pada umumnya, terutama dibagian  berupa; kawat ram (wiremesh), kawat bedrat, paku payung, semen PC, dan pasir, dengan campuran 1 semen : : 2 - 3 Pasir,"  Penjelasan Heru Tunggul. 

Tambah Heru, teknologi ini diterapkan pada salah satu penerima kegiatan BSPS Wilayah 1 Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Kediri.
Dan hasil tinjau lapangan dan praktek lapangan, didapatkan hasil penguatan konstruksi pada struktur bangunan rumah yang sebelumnya tanpa struktur menjadi bangunan berstruktur dengan teknologi balutan lapisan Ferosemen. 

"Dengan teknologi Ferosemen ini, diharapkan bisa menjadi sarana edukasi serta merubah mindset masyarakat tentang pentingnya bangunan rumah yang tahan terhadap gempa bumi," Pungkasnya. 

Editor/penulis: Febri Aviano Agusta

Tidak ada komentar: