Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Program BKB - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Selasa, 14 Mei 2024

Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Program BKB

foto: Kadis PPKB dan P3A Kabupaten Pacitan saat berikan informasi program Bina Keluarga Balita

Selasa, 14 Mei 2024

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - BKB atau Bina Keluarga Balita merupakan suatu program dalam rangka pembinaan keluarga untuk mewujudkan tumbuh kembang balita secara optimal, BKB ini tidak sama dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau pun TPA karena sasaran dari BKB adalah keluarga/orang tua yang memiliki anak balita usia 0-5 tahun.

Pengembangan sumber daya manusia yang telah dilaksanakan seperti misalnya program-program perbaikan kesehatan dan gizi ibu dan anak.
Tujuannya  untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kesadaran dan sikap  orang tua serta anggota keluarga untuk mempersiapkan pendidikan anak usia 0-5 tahun dalam rangka menumbuh kembangkan kecerdasan balita. 

Sebagai orang tua baru atau orang tua muda banyak diantara saudara kita yang belum memahami pola asuh dan tumbuh kembang anak yang baik. 
Dengan mengikuti program ini  dapat memberikan manfaat positif yaitu menjadikan orang tua  lebih pandai mengurus dan merawat anak, pandai membagi waktu dan mengasuh anak, bertambah wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh anak, serta meningkatnya keterampilan dalam mengasuh dan mendidik anak balita.


Hasil yang diharapkan adalah
Anggota kelompok BKB di kampung KB dapat memahami tentang pentingnya tumbuh kembang anak dan balita. 
Meningkatkan pemahaman, pengetahuan kepada Ibu hamil dan orang tua yang memiliki anak dan balita dalam pencegahan stunting.

Kepala Dinas PPKB dan P3A Kabupaten Pacitan Jayuk Susilaningtyas menegaskan, dalam rangka untuk pengentasan stanting mempunyai edukasi terkait dengan pola asuh kepada ibu yang mempunyai balita, namanya sekolah orang tua hebat, jadi tergabung dibina keluarga balita. InsyaALLAH semua desa di wilayah Kabupaten Pacitan sudah terbentuk dan sebagian sudah di wisuda, Rabu 15 Mei 2024 giliriran desa Karanganyar Kecamatan Kebonagung juga akan di wisuda.

"Didalam SOTH itu diberikan 13 materi yang salah satunya terkait perencanaan berkeluarga, kemudian pemberian gizi kepada balita, pendidikan karakter, menjauhkan anak dari media, dan lain - lain. Keluarga bina balita ini sudah ada sejak dari dulu, hanya saja kegiatan sekolah orangtua hebat itu merupakan inovasi dari bina keluarga balita dan itu hanya ada di Jawa Timur," kata Jayuk. 

Lanjutnya, Ibu - ibu yang mempunyai balita itu diberikan semacam khusus kilat, terkait dengan bagaimana mengasuh anak. 
Tujuannya  dalam pengasuhan kepada anak,  sesuai kaedah yang berlaku, artinya kalau di pendidikan formal kan tidak ada! Dan bagaimana mengasuh anak, bagaimana merencanakan berkeluarga, bagaimana memberikan gizi kepada anak, kemudian menjauhkan anak dari hal negatif?

"Semua program ini perlu ditangani secara inten dan serius, sehingga kedepanya prigram tersebut bisa mencapai target," Pungkasnya. 

Editor/ penulis: Agus Hermawan

Tidak ada komentar: