Dinkes Kab. Pacitan: Posyandu Adalah Unit Pelayanan Kesehatan Terdepan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Jumat, 03 Mei 2024

Dinkes Kab. Pacitan: Posyandu Adalah Unit Pelayanan Kesehatan Terdepan

foti: Kader Posyandu Bersama Ketua Tim Kabupaten Pacitan

Jum'at, 3 Mei 2024

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan melaui Dinas Kesehatan menyampaikan informasi bahwa pelayanan Kesehatan primer merupakan salah satu pilar trasformasi kesehatan yang difokuskan pada pemenuhan kebutuhan kesehatan berdasarkan siklus hidup yang mudah diakses dan terjangkau sampai pada tingkat masyarakat, keluarga dan mengkoordinasikan berbagai pelayan kesehatan berdasarkan siklus hidup bagi perseorangan, keluarga, dan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr. Dari Mustikoaji mengatakan, perubahan mendasar pada tranformasi layanan kesehatan primer terletak pada desain layanan yang difokuskan pada kelompok sasaran (people center) yang diberikan sampai ke tingkat dusun dan keluarga. 

" Kemudian pada level kecamatan, desain ini memberikan paket layanan untuk masing - masing siklus hidup di berbagai tingkatan layanan kesehatan yang ada di Puskesmas, baik pelayanan dalam gedung maupun luar gedung. Pelayanan dalam gedung akan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai siklus kehidupannya, pelayanan yang semula berbasis program akan berubah menjadi berbasis siklus kehidupan," Infomasi yang di sampaikan Dr. Daru kepada mediaportalpacitan.com.

Lanjut dr. Daru, tranformasi ini diarahkan agar rangkaian pelayanan kesehatan di tingkat primer yang terdepan teritegrasi dengan meningkatkan layanan promotif dan preventif seperti memperkuat  upaya pencegahan, deteksi dini, promosi kesehatan, membangun infrastruktur, melengkapi sarana prasarana, SDM serta memperkuat managemen di seluruh layanan primer. Pelayanan yang dilakukan harus berfokus pada sasaran siklus hidup dan untuk mendekatkan akses ke masyarakat mulai dari tingkat keluarga.

" Dalam rangka mendukung terciptanya tranformasi layanan primer yang optimal maka kader posyandu memegang peranan yang sangat penting karena posyandu merupakan unit pelayanan kesehatan terdepan yang sangat penting karena posyandu merupakan unit pelayanan kesehatan terdepan yang ada di masyarakat dalam melakukan deteksi dini masalah kesehatan," Papar dr. Daru.

Ke depannya posyandu akan melayani segenap kelompok umur yang ada di masyarakat baik dari ibu hamil, ibu nifas, bayi dan balita , anak pra sekolah, anak remaja dan usia sekolah, usia produktif 15 sampai dengan 59 tahun, serta melayani juga untuk golongan usia lansia yang lebih dari 60 tahun.

Disisi lain Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan Evi Indrata Nur Bayuaji menyampaikan,  dengan kegitan jambore kader posyandu merupakan momentum yang sangat penting bagi kader, dimana kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan kader posyandu yang berkualitas yang mampu melayani semua golongan umur di masyarakat guna mendukung tranformasi layanan primer.

Ratna Susy Rahayu selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan juga menambahkan, oleh karena itu dalam rangka proses scaling up atau replikasi sebagai bentuk persiapan posyandu dalam rangka integrasi layanan primer dilakukan melalui kegiatan jambore kader posyandu. 

" Diharapkan dalam kegiatan jambore kader posyandu dapat saling belajar sehingga dalam penyelenggaraan posyandu keluarga(siklus hidup) lebih optimal," akhir statemennya.

Editor/penulis: Agus Hermawan

Tidak ada komentar: