PUPR Kab. Pacitan Berbenah - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Selasa, 30 Januari 2024

PUPR Kab. Pacitan Berbenah

Selasa, 30 Januari 2024

Media portal Pacitan. com

Pacitan - Tingginya curah hujan akhir - akhir ini membuat rumput - rumput tumbuh subur, diantaranya seperti terlihat di beberapa saluran drainase kota pacitan mulai digenangi aliran air permukaan. Seiring dengan kondisi tersebut rumput dan gulma mulai tumbuh di penampang saluran kota. Perlu perawatan dengan membersihkan rumput dan gulma di penampang saluran drainase supaya fungsi saluran tetap sesuai dengan perencanaan. 


Kondisi tersebut mendorong dinas PUPR melakukan bersih - bersih di saluran utama  khususnya  kali tani desa Bangunsari dan kali kunir di kelurahan pucangsewu.  Pengerahkan personel lengkap dan armada angkut pembersihan dilaksanakan secara simultan dan terencana, Selasa (30/01). 


Kabid PLAM Dinas PUPR Tonny SN saat dijumpai di lokasi menjelaskan,  kegiatan ini di lakukan secara rutin oleh Dinas PUPR dalam rangka untuk menjaga fungsi utama saluran drainase, jika tidak dilakukan pemeliharaan rutin pembersihan maka rumput dan gulma dikuatirkan akan terjadi penumpukan sedimen yang tertahan, kondisi tersebut bisa menyebabkan fungsi saluran drainase tidak maksimal.


" Penanganan ini perlu kesabaran dan ketelatenan dalam kegiatan pemeliharaan saluran drainase. Sebab rumput dan gulma cukup tinggi intensitasnya, perlu rutin atau periodik dilakukan pembersihan." ujar Tonny SN saat dijumpai di kali Tani desa bangunsari.



Lanjutnya, PUPR tidak lupa  melakukan NYAWIJISASI dengan masyarakat, perangkat terkait dan stake holder dalam melakukan kegiatan pemeliharaan dan bersih - bersih saluran tersebut  menuntaskan genangan yang terjadi di Kota Pacitan.



" Ada pepatah mengatakan makna istilah “Bersih Pangkal Sehat”, bahwa lingkungan dan perilaku bersih akan membawa seseorang pada gaya hidup yang sehat. Kebersihan adalah upaya manusia untuk memelihara lingkungannya dari berbagai sampah dalam rangka mewujudkan kehidupan yang sehat dan nyaman, " Pungkasnya. 


Editor/penulis : Agus Hermawan

Tidak ada komentar: