Pemkab Pacitan Menjadi Daerah Kabupaten Sehat - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Selasa, 19 Desember 2023

Pemkab Pacitan Menjadi Daerah Kabupaten Sehat

 
Selasa, 19 Desember 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Penyerahan Swasti Saba Wiwerda (Kota Sehat) 2023 adalah momentum bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan dalam menuju Swasti Saba Wistara.

Setidaknya ada 9 indikator yang harus dipenuhi supaya derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Pacitan semakin meningkat dan berkualitas. Meski apresiasi juga harus diberikan kepada penghargaan yang didapat, sehingga Swasti Saba Wistara diperoleh.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho saat membuka acara mewakili Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi capaian tersebut.

"Capaian dan target kedepannya akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara utuh. Namun pesan Bupati, supaya momentum ini tidak berakhir pada ceremony semata. Implementasi yang nyata harus terus dilakukan," kata Sekda.

Lanjutnya, penyerahan lima (5) ambulance di Kecamatan Donorojo, Punung, Kebonagung, Tulakan, diharapakan dapat mempercepat akses kesehatan bagi masyarakat. 

Disisi lain dalam kesempatan di Forum kabupaten sehat berperan terhadap kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr. Daru Mustiko Aji  saat sambutan di Penyerahan Swasti Saba Wiwerda 2023 dan Penguatan Tim Pembina serta Forum Kabupaten Sehat Menuju Swasti Saba Wistara di Gedung Karya Dharma Pacitan  mengatakan, penerimaan Swasti Saba Wiwerda sendiri adalah bentuk penghargaan terhadap Kabupaten/Kota yang memenuhi kriteria dimana nilai 81 sampai dengan 90.

"Evaluasi harus menjadi prioritas untuk mendorong indikator yang sudah disiapkan. Dimana Wistara harus mempunyai angka 91 sampai dengan 100.
 Target pendekatan selanjutnya adalah meningkatkan komunikasi yang maksimal, utamanya penguatan di lini kecamatan dan desa," ucap dr. Daru

Lanjutnya, dari berbagai penghargaan yang diberikan diantarannya:
- Tatanan Kehidupan Masyarakat Yang Sehat Mandiri : Desa Hadiwarno

- Tatanan Pemukiman Dan Fasilitas Umum : Kelurahan Pucangsewu

- Tatanan Satuan Pendidikan : SD Alam Pacitan

- Tatanan Pasar Rakyat : Pasar Minulyo Pacitan

- Tatanan Perkantoran Dan Perindustrian : CV. Games Toya Desa Pagerejo

- Tatanan Transportasi Dan Tertib Lalulintas Jalan Terminal : Punung

- Tatanan Perlindungan Sosial Dan Pencegahan : Desa Cemeng

- Tatanan Pariwisata Pantau Srau : Desa Candi 

- Tatanan Pencegahan Penanganan Bencana : Desa Kembang. 

Editor          ; Agus Hermawan

Kontributor ; rilis Kominfo Pacitan

Tidak ada komentar: