PUPR Kab. Pacitan; Inovasi Alat Pendeteksi Dini, Mampu Meraih Juara Tingkat Jatim - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Senin, 18 Desember 2023

PUPR Kab. Pacitan; Inovasi Alat Pendeteksi Dini, Mampu Meraih Juara Tingkat Jatim

Kabib PLAM menjelaskan program secara detail

Senin, 18 Desember 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan -  Walaupun musim penghujan memang belum mulai di penghujung bulan Desember 2023 ini,  dinas PUPR Kabupaten Pacitan tidak akan pernah  berhenti melakukan pembenahan di seluruh jaringan drainase kota pacitan. 

Saat dijumpai di boozem Belimbing Kelurahan Pucangsewu Kabid Penyehatan Lingkungan dan Air Minum (PLAM) Tonny Setyo Nugroho yang mempunyai tugas mengelola dan mengembangkan sistem drainase yang terhubung langsung dengan sungai. Ia menjelaskan, program kerja yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR Kabupaten Pacitan dalam menghadapi musim hujan. Salah satu yang dilaksanakan adalah inovasi SMART DRAINAGE di beberapa saluran utama drainase kota pacitan. Gagasan/ Ide tersebut merupakan sebuah penerapan inovasi alat pendeteksi awal banjir, dimana ide tersebut mampu  meraih juara di lomba inovasi tingkat provinsi Jawa Timur. 

 "Keberadaan alat ini, menyampaikan informasi dini saat elevasi air di saluran  utama berada di posisi puncak kritis, sehingga pengelola manajemen saluran drainase kota Pacitan dapat segera bisa mengambil langkah antisipatif.  Misalnya, membuka atau menutup pintu air, mengoperasikan pompa banjir atau langkah antisipatif lainnya," kata Toni.

 Kemudian lanjut Toni, sebagian dari konsep besar SMART DRAINAGE yang sedang dikembangkan dinas PUPR Kabupaten Pacitan yang dinahkodai Kadis PUPR Suparlan mampu mewujudkan Pacitan menjadi aman dari genangan.

" Awak mediaportalpacitan.com mengajukan pertanyaan terkait inovasi apa lagi yang akan dilaksanakan?  SpontanTonny menjawab sambil termehek - mehek dengan khas candaannya, Tunggu...! inovasi - inovasi berikutnya  yang akan dipersembahkan buat Pacitan......., Harap sabar tunggu kelanjutanya," jawab Toni sambil menyruput kopi hitam cangkir mungil. (Red)

Tidak ada komentar: