Gandeng LSM Jihat, Bawaslu Pacitan Gencarkan Pengawasan Pemilu 2024 - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Jumat, 06 Oktober 2023

Gandeng LSM Jihat, Bawaslu Pacitan Gencarkan Pengawasan Pemilu 2024

Jum'at, 6 Oktober 2023

Mediaportalpacitan.com
pacitan - Memasuki tahapan pemilu serentak 2024, Bawaslu Pacitan gencar melakukan kegiatan sosialiasi dan partisipasi masyarakat. Bertempat di ruang pertemuan Bawaslu Pacitan, Kamis (6/10/2023), Bawaslu Pacitan melakukan MOU dengan LSM Jihat untuk melaksanakan pengawasan partisipasi masyarakat.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Pacitan, Syamsul Arifin menyambut baik hadirnya LSM Jihat sebagai organisasi pemantau pemilu. "Alhamdulillah, LSM Jihat menjadi lembaga pemantau pemilu di Pacitan. Ini adalah organisasi pertama yang masuk, kami masih membuka kesempatan kepada organisasi yang lain untuk turut bergabung pula," terang Syamsul.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk mekanisme kinerja dan pertanggung jawabannya, bisa merujuk langsung ke Perbawaslu 01 tahun 2023. "Mulai  ditanda tanganinya MOU ini, LSM Jihat resmi menjadi lembagai pemantau resmi yang terdaftar di Bawaslu. Artinya LSM Jihat, bisa bekerjasama dengan Bawaslu Pacitan di berbagai tingkatan, baik pimpinan di Kabupaten ataupun sampai ke tingkat pengawas di tingkat desa (PKD)," jelas Syamsul.

Sementara itu ketua LSM Jihat Pacitan, Agus Hermawan menyampaikan terima kasihnya atas sambutan dan disahkannya LSM Jihat sebagai lembaga pemantau pemilu di Pacitan. "Kami sampaikan terima kasih kepada jajaran pimpinan Bawaslu Pacitan, yang telah menerima ajuan kami, dan memberikan petunjuk sehingga LSM Jihat bisa menanda tangani  MOU dengan Bawaslu," terang Agus.

Selanjutnya Agus menerangkan kesiapannya memenuhi prosedur kerja menjadi lembaga pemantau pemilu. "Sebagai bagian dari LSM taraf Nasional, kami tentunya akan menjalankan prosedur hukum serta SOP yang berlaku. Kami akan bekerja profesional untuk menjadi lembaga pemantau pemilu ini," ujar Agus.

Dia menegaskan , LSM Jihat hadir untuk mendukung pembangunan demokrastisasi Bangsa Indonesia, salah satunya melalui pemilu yang jujur, bebas dan adil.(Red)

Tidak ada komentar: