RSUD dr. Darsono Kab. Pacitan, Melayani Dengan Sepenuh Hati - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Rabu, 06 September 2023

RSUD dr. Darsono Kab. Pacitan, Melayani Dengan Sepenuh Hati


profil dr. Johan
Rabu, 6 September 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - IGD atau yang dikenal sebagai Instalasi gawat darurat merupakan salah satu pelayanan garda depan di rumah sakit. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.  Darsono Kabupaten Pacitan  mempunyai moto melayani dengan sepenuh hati, melakukan pelayanan 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

KepalaIGD  RSUD dr. Darsono dr. Netty Nurnaningtyas. Sp. EM menjelaskan, kondisi gawat darurat adalah suatu keadaan klinis yang membutuhkan tindakan medis untuk segera  penyelamatan jiwa , mengancam nyawa dan mencegah terjadinya suatu resiko kecacatan permanen. Sehingga pelayanan IGD sangat penting karena merupakan pelayanan yang di sediakan untuk kebutuhan pasien yang mememerlukan secara serius dalam penanganan kegawat daruratan dengan cepat dan segera," kata dr. Netty.


 Lebih lanjut secara medik dan fakta setiap orang memiliki potensi untuk mengalami kondisi kegawat daruratan karena penyakit, kecelakaan baik kecelakaan kerja, keracunan, diserang binatang buas, gigitan binatang berbisa, kebakaran, kemudian pemakaian bahan kimia, dan penyebab lainnya.

" Kondisi kegawat daruratan seseorang tidak pernah bisa diprediksi kapan akan terjadi. Di IGD RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan  dilayani oleh dr. Jaga 24 jam penuh, kapanpun siap melayani dengan sepenuh hati.
Ditambah dengan adanya tenaga perawat bidan yang sudah terlatih melakukan tindakan kegawat daruratanya baik kedaruratan umum maupun kegawat daruratan dalam bidang kebidanan atau persalinan," terangnya

RSUD dr. Darsono menerapkan pelayanan  secara cepat, tepat, dan tidak terbatas waktu sesuai dengan kreteria kegawatanya atau preoritas kegawatannya. Gawat darurat ini berdasarkan hasil pemeriksaan medis, tidak hanya berdasarkan asumsi atau penilaian subyektif dari pasien. Namun penanganan pasien akan lebih tepat, akurat harus sesuai dengan kebutuhannya.
Kadang kala asumsi dari pasien kondisi gawat, setelah mendapat pelayanan dan pemeriksaan secara medis bukan suatu kedaruratan atau tidak gawat. Artinya preoritas pelayanannya adalah berdasarkan kondisinya.  

"IGD RSUD ini berada di gedung baru, sudah merupakan pelayanan yang lebih lengkap dalam satu gedung dengan daya dukung sarana prasarana pendaftaran rawat inap, rawat jalan kemudian di dukung adanya farmasi,  radiologi, dan juga  ambulance, tentunya memiliki sasaran ataupun fokus dalam keselamatan pasien. Jadi insyaALLAH dalam melakukan pelayanan paripurna sesuai dengan standart sistem pelayanan gawat darurat terpadu," narasi dr. Ntty yang disampaikam awak media di Jl. A. Yani Krajan  Pacitan, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan Jatim, Rabu (6/9/2023) siang.

Plt Kepala Bidang Pelayanan Medis dr. Johan Tri Putranto menambahkan, Instalasi Emergensi/ Instalansi Gawat Darurat (IGD) adalah salah satu bagian di dalam sebuah rumah sakit yang menyediakan penanganan awal bagi pasien yang menderita sakit dan cedera, yang dapat mengancam kelangsungan hidupnya.

"IGD penting ada karena salah satu pelayanan terpadu bagi pasien untuk mendapatkan penanganan secara medis dengan beberapa kondisi. Bagi para pasien yang membutuhkan penanganan kesehatan gawat darurat dapat langsung ke IGD RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan, IGD kami dilengkapi dengan fasilitas serta dokter dan tenaga medis yang profesional dibidangnya," Setatemen akhir dr. Johan. (Red)

Tidak ada komentar: