Standart Pelayanan Laboratorium RSUD dr. Darsono Kab. Pacitan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Jumat, 11 Agustus 2023

Standart Pelayanan Laboratorium RSUD dr. Darsono Kab. Pacitan


Jum'at , 11 Agustus 2023 

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Pelayanan Laboratorium merupakan sarana pelayanan kesehatan yang melaksanakan pengukuran, penetapan dan pengujian untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, dan kondisi kesehatan. Jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan anatara lain hematologi klinik, kimia klinik, imuno klinik, dan lain - lain.
Unit laboratorium RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan memberikan pelayanan 24 jam.

Kepala Laboratorium RSUD dr. Darsono dr. Didik Agus Santoso MM., SpPK mengatakan, laboratorium ini menjadi salah satu unsur/ unit penunjang Rumah Sakit. Pelayanan laboratorium dalam Undang - Undang No. 32 Tahun 1992 termasuk dalam sistem pelayanan kesehatan yang tidak bisa dipisahkan dari upaya pelayanan kesehatan secara keseluruhan.

" Pelayanan laboratorium juga merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang diperlukan untuk menunjang upaya peningkatan kesehatan, pencegahan dan pengobatan penyakit, serta pemulihan kesehatan. Hasil pemeriksaan laboratorium digunakan untuk penetapan diagnosis, pemberian pengobatan dan oantauan hasil pemgobatan, serta penentuan diagnosis. Oleh karena itu hasil pemerikasaan laboratorium harus valid, reliable dan terjamin mutunya," ucap dr. Didik di ruang Lab. RSUD dr. Darsono Jum'at (11/08/2023).

Laboratorium RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan terdiri dari  laboratorium mikrobiologi yang diprioritaskan untuk kegiatan praktikum, penelitian, dan pengembangan dalam bidang mikrobiologi.
Laboratorium patologi klinik berperan memeriksa specimen darah, urin, feses, dan cairan tubuh untuk melakukan penapisan penyakit, penegakan diagnosis, dan pemantauan terapi. Pemerikasaan laboratorium memegang peran kunci dalam penegakan diagnosis penyakit dan penanganan penyakit tersebut.

" Laboratorium patologi anatomi berperan dalam menilai gambaran sel yang diambil dari dalam tubuh yang dianggap abnormal, misalnya suatu benjolan abnormal. Patologi anatomi merupakan standar baku emes diagnosis yang berkaitan dengan tumor atau kanker," narasi yang diasampaikan dr. Didik. 

Kemudian laboratorium mikrobiologi klinik dapat membantu penegakan diagnosis serta evaluasi berbagai penyakit infeksi, baik pada infeksi akut maupun kronis.
Bank darah berperan menyediakan produk darah yang aman untuk pasien yang mengalami kekurangan darah seperti pada anemia, kekurangan trombosit, zat pembekuan darah.

" Persyaratan dari semua pasien rawat jalan yang akan melakukan pemeriksaan laboratorium klinik di RSUD dr. Darsono Kabpaten Pacitan harus memdaftarkan diri di tempat pendaftaran pasien. Pasien rawat jalan membawa surat pengantar permintaan dokter atau tanpa pengantar dsri dokter. Pasien rawat inap yang akan melakukan pemerikasaan laboratorium klinik Di RAUD harus ada surat permohonan pemerikasaan laboratorium klinik dari dokter," pungkasnya. ( Red mpp)

Tidak ada komentar: