Pejabat Tak Perlu Alergi Dengan Kritik - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Selasa, 15 Agustus 2023

Pejabat Tak Perlu Alergi Dengan Kritik

Selasa, 15 Agustus 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Tanggapan ketua DRPD Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono terkait pemeberitaan yang tidak sesuai dengan hasil wawancara dapat merugikan sepihak. Ronny mengatakan, kami di DPRD juga sebagai pejabat daerah bersama - sama dengan yang lain diantaranya Bupati, pejabat negara, Sekda beserta jajarannya juga seorang pejabat yang membutuhkan komunikasi yang baik antara pejabat yang mewakili pemerintah daerah dengan teman - teman wartawan yang mewakili media. 

"Karena salah satu kunci untuk suksesnya pembangunan adalah media. Ketika media ini memberitakan sesuatu yang isinya pas insyaALLAH akan membantu penyebarluasan informasi pada masyarakat ataupun memberikan motivasi, informasi, dorongan, tapi satu sisi juga ketika berita yang ditulis itu ternyata ada kesalahan ataukah kurang atau tidak sesuai dengan fakta, itu juga akan merugikan Pemerintah Daerah, masyarakat, pembaca. Disinilah harapan kami teman - teman wartawan itu bisa lebih meningkatkan kopetensinya, lebih bisa meningkatkan kehati - hatianya atau dalam menulis berita itu sesuai dengan fakta dan data yang ada," ucap Ronny didepan awak media Selasa (15/08/2023).

 AlhamduliLLAH temen - temen media di Pacitan termasuk baik, hanya saja dalam hal ini untuk kehati - hatian kedepanya. Karena dampaknya itu tidak kecil, tapi bisa menjadi besar ketika ada berita yang datanya kurang pas. Ketika nanti misalkan pemberitaan yang disajikan kurang sesuai dengan apa yang menjadi hasil wawancara tentunya menjadi salah satu pemicu, para pejabat mungkin merasa  lebih berhati - hati untuk berbicara karena ketika misalkan berita itu ditulis kurang pas tapi terlanjur dibaca oleh banyak orang maka tidak mudah untuk bisa memberikan klarifikasi walaupun sebetulnya setiap yang diwawancarai itu mempunyai hak jawab. 

"Hak jawab ini memang jarang dipakai. Karena berita ini sudah terlanjur keluar. ketika itu memberikan hak jawab  keihatanya juga kurang efektif. Oleh karena itu disini harus lebih hati - hati, dan itu menjadi salah satu pemicu para pejabat mungkin enggan untuk di wawancarai karena takut ada kesalahan," ujar Ronny.

Berita yang ditulis oleh teman - teman wartawan itu bagi sebagian besar pejabat menjadi salah satu acuan, bisa menjadi salah satu sumber informasi pula dalam rangka membuat kebijakan. Sehingga ketika informasi itu benar maka kebijakannya bisa benar. Tapi ketika informasi itu kurang pas maka kebijakannya bisa menjadi tidak pas. Jadi akhirnya bisa berdampak luas terhadap kebijakan publik.

" Apakah pejabat alergi dengan kritk? Kritik itu merupakan  suatu hal yang wajar, artinya disini Pemerintah Daerah bersama DPRD memang tempatnya masyarakat berkeluh kesah. Kami sadar, legowo karena disini kami mempunyai kewajiban untuk menampung aspirasi, kritikan, saran dan masukan dari seluruh lapisan masyarakat, itu adalah suatu hal yang wajib di lakukan dalam bertugas," Kalimat akhir yang disampaikan oleh Ronny Wahyono Ketua DPRD Kabupaten Pacitan. (Red)

Tidak ada komentar: