Paskibraka Pacitan Siap Emban Tugas Mengibarkan Dan Menurunkan Bendera Pusaka - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Selasa, 15 Agustus 2023

Paskibraka Pacitan Siap Emban Tugas Mengibarkan Dan Menurunkan Bendera Pusaka

Selasa, 15 Agustus 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Menyongsong Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke - 78 tanggal 17 Agustus tidak terlepas dengan  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), tugas utamanya mengibarkan dan menurunkan Bendera Pusaka dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan secara bersama di tiga tempat yakni di tingkat Kabupaten/kota, Provinsi, dan di tingkat Nasional. 

Lambang Anggota Paskibraka adalah Bunga Teratai, karena bunga teratai tumbuh di mana saja baik di lumpur atau di atas air. Makna Bunga Teratai dengan anggota Paskibraka adalah pemuda pemudi yang tumbuh dari masyarakat biasa di tanah air yang sedang bermekar, berkembang, dan membangun.

Keberadaan Paskibraka mempunyai banyak manfaat diantaranya meningkatkan kedisplinan para siswa - siswi, membangkitakan jiwa nasionalisme pada anggotanya, sebagai wahana penyaluran bakat, memupuk rasa tanggung jawab dan membekali ketrampilan untuk menyongsong masa depan.

Melansir informasi dari pacitankab.go.id , Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji telah mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Pacitan pada Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-78 Tahun 2023 yang ditandai dengan pemasangan kendit Khas Paskibraka serta disusul semangat yel-yel peserta.

Dari anggota putra - putri Paskibraka yang terpilih oleh Pemeritah Daerah Kabupaten Pacitan sudah melalui tahapan dan seleksi yang ketat, serta cukup melelahkan. 

“Kalian bertugas menaikkan dan menurunkan Sang Saka pada HUT RI Ke-78  nanti, saya berharap sebagai generasi terbaik dalam mengemban amanah, menyelesaikan prosesi sebaik - baiknya, utamanya saat mengibarkan dan menurunkan sang saka, "kata Buapti Pacitan Indrata Nur Bayuaji, di Pendopo Kabupaten Selasa (15/08/2023).

Pesan Bupati, disamping sebagai Paskibraka, adik-adik juga sebagai Duta Pancasila. Menjadi garda terdepan, menjaga 4 Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebhinekaan.

"Amanah yang diemban para Pasukan Pengibar kelak menjadi bekal dan manfaat meniti karir di masa yang akan datang.
Besuk Insyaallah spesial, karena akan dihadiri oleh Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono,” statemen akhir dari Bupati Pacitan Indrata Nu Bayuaji. (Red)

Tidak ada komentar: