Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kab. Pacitan, Cakupan Vaksinasi PMK Di Targetkan Tercapai Akhir Tahun 2023 - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Rabu, 23 Agustus 2023

Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kab. Pacitan, Cakupan Vaksinasi PMK Di Targetkan Tercapai Akhir Tahun 2023


Rabu, 23 Agustus 2023


Mediaportapacitan.com
Pacitan - Sebagaimana diketahui bersama, Dinas Peternakan Pacitan menginformasikan,  penyakit mulut dan kuku (PMK) kembali mewabah di indonesia, termasuk pacitan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk pengendaliannya, diantaranya vaksinasi.

Kabid Peternakan dan Kesehatan drh. Kus Handoko mengatakan, vaksinasi diyakini dapat
melindungi ternak rentan terhadap penularan PMK, kajian yg telah dilakukan menunjukkan bahwa ternak yang telah divaksin PMK dua (2) dosis dapat menurunkan resiko penularan (efektifitas ).

"Cakupan vaksinasi PMK untuk dapat menimbulkan kekebalan kelompok (herd immunity) adalah 80 % (2x dosis), hal ini sesuai dengan capaian vaksin PMK jawa timur (termasuk pacitan) yang ditargetkan tercapai pada akhir tahun 2023," ucap drh. Kus Handoko.

Kabupaten pacitan lanjutnya, sampai dengan pertengahan agustus 2023 tercapai 65% (2 x dosis). "Dengan harapan bisa terselesaikan vaksinasi PMK ini, ternak di kabupaten pacitan dapat terlindungi dari ancaman penyakit hewan menular khususnya PMK," pungkasnya. (Red)

Tidak ada komentar: