Disparbudpora Pacitan, Pariwisata Berpotensi Berkembang Pesat - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Jumat, 16 Juni 2023

Disparbudpora Pacitan, Pariwisata Berpotensi Berkembang Pesat

Jum'at 16 Juni 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Destinasi Pariwisata di Kabupaten Pacitan memiliki beraneka ragam obyek wisata yang meliputi  obyek wisata alam, budaya, tirta, sejarah, religi, dan edukasi. Selain itu masih ada juga Desa Wisata dan Sentra Kerajinan yang belum tampak.

Mengingat sektor pariwisata Kabupaten Pacitan di masa depan memiliki peluang untuk berkembang, maka dalam rangka membangun masa depan Kabupaten Pacitan yang lebih baik, upaya revitalisasi pariwisata yang berbasis kearifan lokal sangat perlu untuk dilakukan.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Tumudi mengatakan, pariwisata merupakan industri yang banyak berkembang di Kabupaten Pacitan, memiliki peran yang besar dalam meningkatkan pendapatan daerah juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Hal ini jelas terlihat dengan adanya promosi besar - besaran melalui dari berbagai media dan alat promosi oleh Pemda Pacitan, dengan berbagai strategi berlomba untuk memenangkan persaingan dalam mendatangkan wisatawan ke destinasi - destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Pacitan," tutur Turmudi.

Bagi Pemerintah Daerah industri pariwisata merupakan suatu komoditi prospektif yang dipandang mempunyai peranan penting dalam pembangunan daerah. 
Disbudparpora Pacitan terus mengupayakan pengembangan kepariwisataan seperti dalam Undang - Undang tentang kepariwisataan, dengan tegas dan jelas menggariskan kepariwisataan merupakan bagian integral dari Pembangunan dan harus dilakukan secara sistematis, berencana, terpadu, berkelanjutan, dan bertanggung jawab dengan tetap memberikan kepada perlindungan terhadap nilai - nilai agama, budaya yang hidup dalam masyarakat, kelestarian dan mutu lingkungan hidup.

" Pengembangan pariwisata daerah sejak masa otonomi daerah telah merubah paradigma pembangunan dari sentralisasi menjadi desentralisasi. Pemerintah Daerah terus berupaya untuk mewujudkan keterpaduan dalam penggunaan berbagai sumber daya pariwisata dan mengintegrasikan segala bentuk aspek diluar pariwisata yang berkaitan secara lamgsung maupun tak langsung akan kelangsungan pengembangan pariwisata," ucapnya.

Lanjut Turmudi, Tujuan patiwisata ini memberikan dampak positif dan keuntungan baik bagi seluruh lapisan dan golongan masyarakat, pemerintah swasta maupun bagi wisatawan. Pengembangan sektor pariwisata pada dasarnya memiliki banyak manfaat.

Editor/pewarta: Agus Hermawan

Tidak ada komentar: