Dinas PUPR Selalu Hadir Untuk Masyarakat Kabupaten Pacitan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Jumat, 30 Juni 2023

Dinas PUPR Selalu Hadir Untuk Masyarakat Kabupaten Pacitan


Jum'at, 30 Juni 2023(19.05) Wib

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Suasana lokasi Embung Eyang Minggir saat  matahari pagi diufuk timur, terdengar  gemericik air disertai suara burung dan  celotehan anak - anak kecil yang berenang di embung yang baru direhabilitasi oleh Dinas PUPR kabupaten pacitan.

Embung yang lebih dikenal dengan sebutan embung Eyang Minggir ini terletak di kelurahan Pacitan. Sudah lama embung atau tempat penampungan air ini tertimbun oleh sedimen tanah dan bahkan bisa dikatakan tidak berfungsi. Lokasi eksisting embung bahkan sudah beralih fungsi untuk perkebunan. Atas usulan beberapa tokoh masyarakat di kelurahan Pacitan, Dinas PUPR segera melaksanakan rehabilitasi embung ini sehingga berfungsi kembali.

Saat dikonfirmasi terpisah, Tonny Setyo Nugroho selaku kabid PLAM dinas PUPR membenarkan hal tersebut. "Rehabilitasi ini dianggarakan dari dana APBD kabupaten pacitan tahun 2023.  Selain mengembalikan fungsinya sebagai penampungan air, diharapkan embung ini juga bisa mengendalikan aliran air dari catchment area di kawasan hutan sisi utara kelurahan pacitan. juga bisa mengairi sawah nggantung pada saat musim kemarau." Demikian penjelasan Tonny SN.

Tanggapan masyarakat sekitar embung cukup baik dan kreatif. Upaya pemanfaatan embung secara maksimal oleh masyarakat sekitar bisa dilihat dari penebaran benih ikan dan pembangunan secara swadaya area disekitar embung sehingga bisa menjadi alternatif wisata lokal di kelurahan Pacitan.

Editor/pewarta: Agus Hermawan.

Tidak ada komentar: