Cara Memajukan Daerah Lewat Dinas Peternakan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Senin, 12 Juni 2023

Cara Memajukan Daerah Lewat Dinas Peternakan

Senin, 12 Juni 2023(10.36) Wib. 

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Progam Pengendalian Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner merupakan salah satu program yang dijalankan oleh Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan. 

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) drh. Kus Handoko memberikan edukasi ke masyarakat Kabupaten Pacitan, ia mengatakan bahwa program ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kesehatan hewan dan menjamin rasa aman peternak kepada usahawan bidang peternakan.

"Pemerintah telah menetapkan 18 Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS), melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor 121/KPTS/PK.320/M/03/2023. Dari 18 penyakit tersebut ada tiga penyakit yang sudah terkonfirmasi positif oleh laboratorium kesehatan hewan rujukan. Ketiga penyakit tersebut adalah Anthrax, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)/ Foot and Mouth Disease (FMD), dan Penyakit Kulit Berbenjol/ Lumpy Skin Disease (LSD)," kata Kus. 

Lanjutnya,  ketiga penyakit ini sepertinya  menjadi momok dunia peternakan di kabupaten Pacitan. Tidak perlu kuatir, dari berbagai strategi telah dilakukan dalam upaya pengendalian penyakit hewan yakni dengan menerapkan 5 strategi pengendalian penyakit hewan (biosecurity, pengobatan, pengujian, vaksinasi, dan potong paksa).

"Lima (5) strategi pengendalian penyakit hewan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
1. Biosekuriti  dilakukan dengan mencegah penularan atau kontak dengan hewan terinfeksi guna menekan dan meminimalisir rantai penularan penyakit,  Secara rutin dan teratur melakukan desinfeksi atau dekontaminasi area dan peralatan di peternakan, menerapkan pembatasan kunjungan pada kawasan tertular (endemis) penyakit hewan.
2. Pengobatan dilakukan untuk pemulihan kondisi Kesehatan hewan menggunakan obat-obatan dan vitamin untuk mengobati gejala klinis yang muncul, ataupun untuk meningkatkan stamina ternak. 
3. Pengujian dilakukan untuk mengkonfirmasi penyebab/ meneguhkan diagnose
4. Vaksinasi dilakukan dengan cara memasukkan vaksin (suntikan/melalui mulut) ke dalam tubuh hewan ternak untuk merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit menular tertentu. 
5. Potong paksa dilakukan untuk memutus sumber penularan penyakit 
Salah satu dari kelima strategi pengendalian penyakit hewan, yang saat ini terus digenjot pelaksanaanya adalah vaksinasi. Sejumlah 47 orang vaksinator terlatih dikerahkan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dalam rangka percepatan capaian vaksinasi baik vaksinasi Anthrax, PMK, maupun LSD. Dengan upaya ini diharapkan meningkatkan kekebalan penyakit sehingga angka kesakitan apalagi kematian dapat menurun, dan gairah dunia peternakan di kabupaten Pacitan Kembali menggeliat, yang tentu saja dapat meningkatkan kesejahteraan petani peternak di kabupaten Pacitan, semoga informasi ini bisa menjadi dasar dan pengetahuan bagi masyarakat," akhir ucapan Kus yang disampaikan di depan awak media, Senin (12/06/2023).

Editor/pewarta: Agus Hermawan.

Tidak ada komentar: