Pendidikan Politik Sangat Penting Untuk Pacitan Kedepan Lebih Maju - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Kamis, 18 Mei 2023

Pendidikan Politik Sangat Penting Untuk Pacitan Kedepan Lebih Maju

Jilid I

Rabu, 18 Mei 2023(15.50) Wib

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Mengapa sangat penting bagi masyarakat Kabupaten Pacitan memahami pendidikan politik? 
Ketua DPRD Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono membagi pengalaman terkait pendidikan politik untuk mencapai aktualisasi diri dari individu dalam kedudukan sebagai warga negara. Menurut Undang - Undang RI Nomor 2 tahun 2008, pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

" Hari ini Bakal Caleg dari seluruh peserta pemilu  sudah menyelesaikan pendaftaran di KPU Pacitan, AlhamduliLLAH dari 18 partai, 17 yang mendaftarkan para calegnya sejak tanggal 2 sampai 14 Mei 2023," informasi yang disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono.

Setelah itu masuk ketahapan verifikasi administrasi dokumen persyaratan para bakal calon sampai 23 Juni 2023, dan jika nanti ada beberapa dokumen yang dianggap belum lengkap maka masih ada ruang pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bakal calon yang dilaksanakan sampai dengan tanggal 9 Juli 2023, kemudian ada verifikasi kembali administrasi perbaikan yang akan di lakukan oleh pihak KPU Pacitan sampai 6 Agustus 2023. 

"Pengumuman  tahahapan penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS) akan dimulai tanggal 19  sampai dengan 28 Agustus, dan tentunya sangat diharapkan ada masukan dan tanggapan dari masyarakat atas DCS tersebut, artinya masyarakat bisa memberikan masukan dan tanggapan apabila ada hal yang memberatkannya, dan bisa langsung mengajukan pengganti calon sementara," jelasnya.

Lanjut Ronny, setelah diumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) tanggal 4 Nopember 2023 maka dimulailah masa kampanye sampai dengan 10 Pebuari 2024. Tanggal 11,12,13 memasuki  masa tenang, 14 Pebuari 2024 pencoblosan.

" Semoga paparan yang saya sampaikan ini bisa menjadi sebuah informasi bagi masyarakat Kabupaten Pacitan terkait proses pencalonan anggota legislatif, dan merekalah nanti yang akan mewakili masyarakat dalam memperjuangkan aspirasi dari konstituen. Oleh karena itu disini masyarakat harus pro aktif, jangan sampai nanti ketika sudah jadi baru komplin, padahal hari ini masih ada ruang tanggapan untuk kita semua. Melalui mediaportalpacitan.com saya berharap masyarakat bisa mendapatkan informasi yang seluas - luasnya," akhir statemen Ronny Wahyono.

Editor/pewarta : Agus Hermawan.

Tidak ada komentar: