Cegah Stunting Pada Anak, Koramil 0801/12 Pringkuku Dan Puskesmas Lakukan Loka Karya Mini - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Kamis, 09 Juni 2022

Cegah Stunting Pada Anak, Koramil 0801/12 Pringkuku Dan Puskesmas Lakukan Loka Karya Mini

Kamis, 9 Juni 2022

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Sebagian besar masyarakat mungkin belum memahami istilah yang disebut Stunting. Stunting adalah masalah kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, yakni tinggi badan anak lebih rendah (kerdil) dari standar usianya.

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

Pemerintah saat ini fokus dalam pencegahan Stunting, bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat bertumbuh kembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global. 

Dalam rangka program kerja bidang kesehatan, Pelda Lilik Bati Tuud Koramil 0801/12 Pringkuku Kodim 0801/Pacitan, menghadiri Lokakarya Mini di Balai Desa Dadapan Kec. Pringkuku Kab. Pacitan Kamis (9/6/2022).

Dalam Rapat tersebut, Kepala UPT Puskesmas Pringkuku dr. Ika Mayasari mengatakan bahwa, terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan Stunting, yaitu perbaikan pola makan, pola asuh, sanitasi serta akses air bersih yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak, ungkap Kepala UPT Puskesmas. 

"Masalah-masalah non kesehatan juga berpengaruh terhadap Stunting, baik itu masalah ekonomi, politik, sosial, budaya, kemiskinan, kurangnya pemberdayaan perempuan, serta masalah degradasi lingkungan. Karena itu, ditegaskan oleh Menkes, kesehatan membutuhkan peran semua sektor dan tatanan masyarakat", imbuh Kepala UPT Puskesmas. 

Di tempat yang sama Bati Tuud menambahkan bahwa terlaksananya kegiatan Lokakarya Mini, dapat menambah wawasan tentang kesehatan kepada masyarakat, budayakan pola hidup sehat serta makan makanan yang bergizi untuk mencegah Stunting pada anak. (Pendim 0801/Pacitan)

Tidak ada komentar: