Menuju Desa Mandiri, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji Berikan Pesan Penting Saat Lantik Dua Kepala Desa PAW. - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Selasa, 17 Mei 2022

Menuju Desa Mandiri, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji Berikan Pesan Penting Saat Lantik Dua Kepala Desa PAW.


Selasa, 17 Mei 2022

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengajak seluruh elemen mulai Kepala Desa, Camat, OPD, senantiasa bersama - sama meningkatkan profesionalisme kinerja, baik sebagai abdi Negara ataupun sebagai abdi masyarakat. Salah satunya  dengan menciptakan desa mandiri yang merupakan target  preoritas Kabupaten Pacitan. 

"Evaluasi kinerja dimasa lalu dan terus berupaya untuk menghasilkan karya nyata yang terbaik dimasa sekarang maupun pada masa yang akan datang," ungkap Bupati saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan Kepala Desa terpilih Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung dan Desa Sukodono Kecamatan Ngadirojo di Pendopo Kabupaten Pacitan, selas (17/05/2022).

Menurut Bupati, dengan berlakunya Undang - Undang nomor 6 tahun 2024 tentang Desa, Pemerintah telah mengakui Desa sebagai kesatuan masyarakat hukum yang memiliki kewenangan mengatur dirinya sendiri.

"Tentu sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. Hal ini memberi harapan dan jalan yang luas bagi Desa untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa, dan dalam melanjutkan sisa masa jabatan kepala Desa sebelumnya, saudara harus mampu mencermati kebutuhan dan potensi sumber daya yang dimiliki oleh Desa," pencerahan yang disampaikan oleh Bupati.

Lanjut Bupati, Kepala Desa harus mampu memberdayakan masyarakat, berinovasi, kreatif serta memiliki konsep yang jelas dalam rangka menyusun perencanaan dan mengadakan perubahan - perubahan yang bermanfaat bagi masyarakat Desa.

" Demikian pula dalma membina dan menjalin hubungan kemasyarakatan kepala Desa, harus peka dan adaptif dengan seluruh warga masyarakat dan lembaga masyarakat, menjaga yang harmonis dengan tokoh masyarakat dan lembaga kemasyarakatan yang ada," tegasnya.

Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung serta Desa Sukodono Kecamatan Donorojo melakukan pemilihan kepala Desa PAW untuk mengisi jabatan kepala Desa yang kosong karena kepala Desa yang lama berhalangan tetap. Makrus Ali terpilih menjabat kepala Desa Sidomulyo sedangkan Eko Wardoyo menjabat kepala Desa Sukodono. ( Prokopim Pacitan)

Tidak ada komentar: