Dandim 0801 Pacitan Membagikan Zakat Fitrah Kepada Warga Dan Panti Asuhan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Rabu, 27 April 2022

Dandim 0801 Pacitan Membagikan Zakat Fitrah Kepada Warga Dan Panti Asuhan

Selasa, 27 April 2022

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Zakat Fitrah adalah kewajiban yang harus dikeluarkan oleh kaum muslimin dengan standart sebesar 2,8 Kg per orang setara beras sebagai makanan pokok masyarakat pada umumnya, yang diserahkan kepada amil atau panitia zakat yang ada dan disalurkan kepada kaum duafa yang berhak menerima zakat tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Kodim 0801/Pacitan yang membentuk amil zakat yang diketuai oleh Perwira Seksi Personalia Kodim 0801 Pacitan, Kapten Inf Joko yang pada Ramadhan 1443 H ini telah menghimpun zakat dari anggota Kodim 0801 Pacitan dan terkumpul sebanyak 324 paket zakat.

Dandim 0801 Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim S.I.P., M.Si secara simbolis menyalurkan zakat fitrah keluarga besar Kodim 0801 Pacitan tahun 1443 H kepada masyarakat lingkungan kodim 0801 Pacitan yang berhak mendapatkan zakat fitrah di Aula Kopral Sigit Makodim 0801 Jl. Letjen R. Suprapto No.42, Barean, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan. Selasa (27/04/2022).

"Idul Fitri 1443 H tinggal menghitung hari, ada kewajiban yang harus dilakukan umat muslim menjelang Idul Fitri yaitu bayar zakat fitrah,” ujarnya.

Zakat Fitrah adalah, zakat yang harus dikeluarkan oleh setiap orang Islam pada saat menjelang Idul Fitri yang wajib bagi setiap orang Islam, untuk dirinya sendiri dan untuk orang-orang yang berada dalam tanggungannya.

Menurut Dandim 0801 Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim S.I.P., M.Si  keutamaan zakat fitrah bagi mereka yang berpuasa adalah mampu membersihkan diri dari dosa, serta penyempurna ibadah puasa yang sudah dilakukan selama satu bulan penuh.

Lebih lanjut Dandim 0801 Pacitan juga menyampaikan bahwa, pembagian zakat juga di laksanakan di tiap-tiap koramil jajaran Kodim 0801 Pacitan untuk di bagikan ke masyarakat binaannya yang berhak menerima zakat tersebut, Masyarakat lingkungan Kodim dan Yayasan anak yatim piatu, Panti Jompo dan sekolahan SLB.

“Semoga zakat fitrah dari Kodim 0801 Pacitan ini barokah untuk kita semua, Amin,” Pungkas Dandim.(tim)

Tidak ada komentar: