Antisipasi Banjir, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Bersama Warga Bersihkan Selokan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Senin, 04 April 2022

Antisipasi Banjir, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Bersama Warga Bersihkan Selokan

Senin, 4 April 2022

MPP.Com
Pacitan – Pada musim penghujan, warga kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan bersama Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan melaksanakan kerja bakti bersih-bersih tumpukan sampah di saluran air desanya, Senin (04/04/2022).

Selain Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan, kegiatan gotong-royong juga diikuti anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pacitan dan Tim Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pacitan.

Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim S.I.P., M.Si melalui Danramil 0801/01 Pacitan Kapten Kav Dadut mengatakan, dalam melaksanakan pembinaan teritorial, Babinsa harus selalu aktif terjun di tengah-tengah masyarakat.

"Selain itu, Babinsa harus bisa memberikan contoh dan teladan, serta membawa dampak positif bagi lingkungan daerah binaannya,” kata Danramil.

Ditegaskan, sebagai ujung tombak satuan teritorial di lapangan, aparat Babinsa terus membangun tali silaturahmi dan kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat, untuk dapat mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat guna menciptakan ketahanan wilayah yang kuat.

“Warga di sini masih menjunjung tinggi budaya kearifan lokal, salah satunya gotong-oyong dalam setiap kegiatan, seperti pada kerja bakti bersih-bersih saluran di Desa Bulugede ini,” tandasnya.

Warga bersama Babinsa terlihat bahu membahu mengangkat sampah yang menghambat arus air kali, sekaligus pembersihan alang-alang dan rumput liar yang menghambat aliran air.

Sementara itu, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Serda Heru mengaku, tujuan kegiatan ini agar tidak terjadi sumbatan di saluran air saat terjadi turun hujan, air mengalir dengan lancar, dan mengurangi sarang nyamuk.

“Selain itu juga menghilangkan bau busuk, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi,“ ujarnya.

Serda Heru menjelaskan, pembersihan sampah dan rumput dalam rangka antisipasi banjir di musim penghujan.

“Pembersihan rumput menggunakan berbagai peralatan. Yakni mesin pemotong rumput, parang, pengki dan juga truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pacitan,” pungkasnya.(Pendim 0801/Pacitan)

Tidak ada komentar: