Anggota Koramil 0801/01 Pacitan Bantu Petani Kendalikan Hama Tikus - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Selasa, 07 Desember 2021

Anggota Koramil 0801/01 Pacitan Bantu Petani Kendalikan Hama Tikus

Selasa, 7 Desember 2021

MPP.Com
Pacitan – Dalam upaya menekan populasi tikus sawah, Anggota Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801 Pacitan bersama Anggota Polsek Pacitan Kota, Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan dan Petani melaksanakan kegiatan pengendalian hama tikus guna mengatisipasi serangan hama tikus yang selama ini meresahkan para petani yang bertempat di persawahan Desa Sukoharjo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan, Selasa (07/12/2021).

Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani di berikan sosialisasi bagaimana cara mengendalikan tikus dengan menggunakan obat. Dengan obat pembasmi tikus ini di anggap ampuh untuk mengusir dan mengurangi penyebaran hama tikus yang meresahkan petani saat musim tanaman padi, baik di awal masa tanam maupun menjelang masa panen.

Kegitan Gerakan Pengendalian hama tikus yang dilakukan Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan dan masyarakat agar serangan hama tikus dapat dikendalikan saat memasuki musim tanam. Maka dari itu perlu melakukan gerakan masal pembersihan lahan dan pemberian obat racun tikus di lubang-lubang persembunyian tikus. Kegiatan menyasar sejumlah lahan pertanian di areal persawahan, di lahan pertanian yang sebelumnya disinyalir terdapat banyak sarang tikus.

Danramil 0801/01 Pacitan Kapten Kav Dadut Setiawan yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa tikus sawah merupakan salah satu jenis hama tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian besar dan meresahkan para petani. Pembersihan hama tikus bersifat pengendalian rutin untuk meminimalkan dampak serangan selama penanaman padi musim ini. Meski serangan tikus belum mewabah, pembersihan dan pencegahan perlu dilakukan agar populasi hama tikus dapat dikendalikan. Ucap Danramil.

Senada dengan itu Bapak Drs Muh. Anam selaku Kepala Desa Sukoharjo mengungkapkan kepada seluruh Anggota Koramil bersama dinas dan instansi terkait yang telah membantu Desa dan para petani khususnya dalam mengurangi dan menanggulangi hama tikus ini, sehingga diharapkan para petani mendapatkan hasil panen yang meningkat pada masa panen tahun ini. “Terima kasih kepada Bapak Danramil, yang sudah bersedia membantu menanggulangi hama tikus, Mudah mudahan saja kegiatan ini dapat membuahkan hasil yang maksimal, sehingga hasil panen meningkat dan Program Ketahanan Pangan Kabupaten Pacitan sukses,” Tutur Kepala Desa.(Pendim 0801/Pacitan)

Tidak ada komentar: