Pesan Dan Kesan Bawaslu. Dukung Ya Dukung Tapi Jangan Gitu Banget (Ojo Ngono - Ngono Banget) - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Kamis, 18 April 2024

Pesan Dan Kesan Bawaslu. Dukung Ya Dukung Tapi Jangan Gitu Banget (Ojo Ngono - Ngono Banget)

Foto: Komisioner Bawaslu Kabupaten  Pacitan Devisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, Fajar Dino Prawika

Kamis, 18 April 2024

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Kiat - kiat Bawaslu Pacitan dalam antisipasi terkait pelanggaran dan netralitas ASN  Pilkada 2024 di Kabupaten Pacitan. 
Devisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, Fajar Dino Prawika menjelaskan saat wawancara dengan awak mediaportalpacitan.com. Ia mengatakan untuk kiat - kiat dari Bawaslu Pacitan jelas akan melakukan sosialisasi melalui himbauhan yang akan dikirimkan ke tingkat Kecamatan dan ke pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pacitan, mengingat dan menimbang potensi itu pasti ada. 

" Kita akan memberikan himbauhan supaya tidak terjadi overlapping (tumpang tindih), istilah kasarnya; dukung ya dukung tapi jangan gitu - gitu banget ( ojo ngono - ngono banget). Kita berhak untuk mendukung karena kita punya hak suara, untuk memilih itu ada waktunya sendiri, dan ada hari tertentu untuk menentukan pilihan, hal demikian yang perlu di sampaikan ke masyarakat secara umum," ucap Fajar.

Berdasarkan pengalaman menjabat beberapa bulan ini, apa yang anda temukan terkait pelanggaran yang sudah dilakukan dalam Pilpres dan Pileg?

Fajar menjawab, berdasarkan laporan yang masuk ke Bawaslu kemarin salah satunya adalah terkait netralitas ASN, itupun Bawaslu pacitan segera menindak lanjuti sesuai prosedur, dan ternyata si pelapor mencabut kembali laporannya.
Kemudian yang kedua berdasarkan laporan yang masuk, ada salah satu anggota BPD yang tercatat sebagai calon anggota legislatif, hal inipun juga sudah terproses dan ternyata memang yang bersangkutan sudah di TMS kan terlebih lagi kemarin si pelapor melengkapi syarat materiilnya. Untuk yang lainnya hanya semacam temuan - temuan yang sudah Bawaslu tindak lanjuti sesuai mekanisme yang berlaku.
 
Apakah bisa pihak Bawaslu Pacitan benar - benar menjaga netralitas ASN terkait Pilkada Nanti? 

" Kalau dikatakan bisa atau tidaknya, kita kan manusia! Kita tidak bisa menjamin benar - benar bisa melaksanakan tugas secara bersih, secara benar. Tapi sebagai Bawaslu dan karena sudah menjadi tugas, kita akan mensuarakan semaksimal mungkin untuk melakukan pencegahan supaya  tidak terjadi pelanggaran. Kita melakukan semaksimal mungkin dengan cara apa?
Tentunya dengan berbagai cara, mulai dari sosialisasi kemudian kita kirimkan himbauhan , dan jika memang masih ada yang melakukan pelanggaran maka kita langsung berikan teguran entah itu dengan cara tertulis maupun secara lisan," Jawab Fajar.

Kesan dan pesan terakhir yang disampaikan komisioner Bawaslu Pacitan Fajar Dino Prawika sebagai Devisi Penanganan Pelanggaran dan Informasi, mari bersama - sama ciptakan Pilkada yang adil, jujur dan damai, tidak ada ke berpihakan secara mencolok karena ASN adalah pejabat Negara yang mana harus netral baik secara sikap maupun netral secara lembaga. Silahkan memilih karena itu memang sudah menjadi hak dari ASN. Akan tetapi memilih itu ada waktunya tersendiri.

Editor/penulis; Agus Hermawan

Tidak ada komentar: