Setwan Mulai Persiapan Proses Pelantikan Anggota DPRD Kab. Pacitan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Jumat, 15 Maret 2024

Setwan Mulai Persiapan Proses Pelantikan Anggota DPRD Kab. Pacitan


Jum'at, 15 Maret 2024

Mediaportalpacitan. Com
Pacitan - Pemilihan Legislatif secara serentak 14 Febuari 2024 kemarin, telah usai dilaksanakan dengan damai, meskipun masih ada beberapa pelanggaran yang ditemukan bawaslu Pacitan. KPU Kabupaten Pacitan telah menuntaskan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu untuk DPRD Kabupaten Pacitan. 

Saat di temui awak mediaportalpacitan. com, Sekretaris DPRD Kabupaten Pacitan (Kabpa) Didik Alih mulai ancang - ancang mempersiapkan pelantikan terhadap 45 anggota DPRD Kabpa terpilih untuk masa pereode 2024 sampai 2029. 

Didik menyampaikan, pihaknya juga mempersiapkan anggaran untuk pelantikan para wakil rakyat yang terpilih pada pemilu 2024. Ia juga akan mempersiapkan pelaksanaan masa orientasi setelah 45 anggota Dewan dilantik, termasuk mempersiapkan lencana yang berbahan logam mulia hingga pakaian lengkap yang akan dikenakan para wakil rakyat saat pelantikan. 

"Sampai saat ini kami sudah mulai mempersiapkan apa saja yang menjadi kebutuhan para legislator untuk dilantik, dan sambil menunggu keputusan secara resmi dari KPUD Pacitan. Kami butuh ketelitian, kejelian, dan kerja profesional, jangan sampai ada hal yang ketinggalan satupun pun yang akan dipersiapkan nanti, " Jelasnya kepada awak media Jum'at, (15/03). 

Didik menambahkan, setelah 45 anggota DPRD Kabpa dilantik, baik pendatang baru maupun petahana yang terpilih kembali, wajib mengikuti kegiatan orientasi. Dalam hal ini sesuai  UU 1945, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2012 dengan bunyi; setelah anggota dewan dilantik maka anggota dewan berhak mendapatkan orientasi. 

" Kemudian setelah pelantikan dan orientasi usai, baru dilanjutkan penyusunan tata tertib Dewan, masuk pembahasan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), mereka bekerja sesuai tupoksi AKD yang ditempati, " ucap Didik. 

Sementara menurut pengakuan Didik Alih selaku Sekretaris Dewan Pacitan, terkait jadwal pelantikan anggota Dewan terpilih pereode 2024-2029, belum mengetahui secara pasti kapan jadwal pelantikannya. "Jika mengacu pada SK 5 tahun lalu, biasannya pelantikan anggota Dewan jatuh pada bulan Agustus. Kami tetap  menunggu informasi proses, seperti apa nanti dinamikannya. Kamipun juga akan mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk mengkoordinasikan dengan pihak terkait seperti dengan pihak Kepolisian, Satpol PP maupun Dinas Perhubungan, " akhir narasi yang tersampaikan dari Sekwan Pacitan Didik Alih.

Tidak ada komentar: