Pesan Kesan Rontek Gugah Saur Ajak Mudik Warga Perantau - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Minggu, 31 Maret 2024

Pesan Kesan Rontek Gugah Saur Ajak Mudik Warga Perantau

Foto: Antusias Rontek Gugah Saur sambil ajak Warga Rantau untuk Mudik


Minggu, 31 Maret 2024

Mediaportalpacitan. com
Pacitan - Seni Rontek gugah sahur  sudah menjadi tradisi khas tersendiri, yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Pacitan. Ratusan warga terdiri dari beberapa Desa  berjalan kaki di sepanjang jalan menuju depan pendopo Kabupaten . 

Salah satu peserta rontek gugah sahur, Iwan dari kelurahan Ploso mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat. Selain beribadah juga membangunkan saur disamping bisa menjadi duta wisata sekaligus. Pacitan memiliki keberagaman kekayaan alam dan budaya menjadi salah satu modal utama pariwisata. Kondisi alam yang berlimpah mulai dari kekayaan laut, pegunungan serta budaya yang berbeda di 12 kecamatan menjadi keunikan bagi daerah Kabupaten Pacitan. 

"Rontek gugah saur ini dengan berjalannya waktu akan mengundang banyak wisatawan berkunjung ke Pacitan. Pemerintah melalui Kecamatan Pacitan telah berupaya memperkenalkan budaya thethek gugah saur sebagai salah satu kegiatan unik yang dilakukan setiap tahunnya saat memasuki bulan Ramadhan, "kata Iwan. 

Dilain tempat perwakilan thethek gugah saur dari desa Sidoharjo Nanang Ansori (manyul) merasa terpanggil dan termotifasi(  terutama dalam aspek edukasi untuk ikut andil mengembangkan sekaligus promosi budaya ronthek tersebut. 

"Saya merasakan antusiasme peserta rontek maupun warga yang melihat, sayang jika tidak ada pesan positif yang disampaikan. Dengan moment rontek gugah saur, warga punya inisiatif untuk mengajak mudik warga perantau asal Pacitan melalui tulisan di spanduk yang kami bawa dalam rontek gugah saur. Dan apabila banyak warga perantau yang mudik, secara otomatis akan meningkatkan perekonomian di Pacitan, " tutur Manyul.

Sekretaris Camat Pacitan Faesal memberikan apresiasi adanya kegiatan rontek gugah sahur yang terlihat rukun dan damai. Apalagi gugah saur bulan Ramadhan sudah masuk dalam Top Event Nasional dimana dapat mendorong kunjungan wisatawan untuk berlibur menikmati keindahan pariwisata yang dimiliki Kabupaten Pacitan. 

"Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada  jajaran TNI - Polri beserta OPD dan RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) terhadap jalanya ronthek gugah saur yang dilakukan oleh beberapa desa dalam kondisi aman terkendali. Mudah - mudahan sampai akhir nanti bisa terkondisikan dengan aman. 
Sesuai arahan dari pihak TNI - Polri semuanya akan terkondisikan dengan damai. Keamanan ronthek gugah saur ini memang bentuk tantangan tersendiri. 
Dan juga saya ucapkan terimakasih kepada media portal Pacitan. com yang ikut mensukseskan kegiatan demi kegiatan secara utuh sebagai sarana promosi wisata, " statemen akhir yang diberikan Faesal. 

Editor/penulis: Agus Hermawan

Tidak ada komentar: