Peran Dinsos Kab. Pacitan Dalam Bantuan Pangan Beras 2024 - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Selasa, 27 Februari 2024

Peran Dinsos Kab. Pacitan Dalam Bantuan Pangan Beras 2024

Foto: Kepala Dinas Sosial Sumoro Hadi memaparkan program bantuan pangan berupa beras tahun 2024

Selasa, 27 Febuari 2024

Media portal pacitan. com
Pacitan - Mulai tanggal 2 Januari 2024 bantuan pangan beras kembali digulirkan Pemerintah kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dilansir dari laman Badan Pangan. go. Id jumlah penerima bantuan pangan beras di tahun 2024 ini mengalami peningkatan sekitar 8 % dibandingkan jumlah penerima tahun sebelumnya dengan jumlah 21,3 juta KPM. 

Penyaluran perdana bantuan pangan yang berasal dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di tahun 2024 ini, dipastikan oleh Presiden Joko Widodo bersama Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi dan Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Bayu Krisna murti. Sebagai Kepala Negara melihat langsung penyaluran bantuan yang dilaksanakan oleh Perum Bulog. 

Menurut keterangan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pacitan Sumorohadi, bahwa bantuan beras atau bantuan pangan yang sekarang diterima oleh masyarakat di bulan Februari ini sudah dibagikan, Dinsos Kabupaten Pacitan memang teribat dalam hal untuk pemantauan dan pengawasanya dilapangan. 

"Tapi bantuan pangan ini leading sector berada di Dinas Ketahanan pangan dan pertanian Kabupaten Pacitan,   dilapangan tentunya melibatkan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) untuk penyaluran sampai ke KPM. Karena KPM ini jumlahnya cukup banyak dan sudah menyebar di setiap Kecamatan, " kata Sumorohadi.

Sehingga dari PT. Yasa Artha Tri manunggal (Bulog) sebagai perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan itu menggunakan atau memanfaatkan para pendamping PKH untuk membantu penyalurannya sampai kepada PKM. 

Di tahun 2024 bulan Januari, Febuari bantuan tersebut sudah tersalurkan sesuai dengan perencanaan sampai bulan Juni 2024 dan untuk Kabupaten Pacitan berdasarkan data yang ada akan menerima bantuan selama 6 bulan yang terbagi dalam 2 tahap. Dinsos Kabupaten Pacitan mendukung program bantuan pangan ini dan akan bekerjasama dengan pihak Dinas terkait untuk mengawal penyaluran bantuan pangan beras, " tutur Sumorohadi. 

Salah satu pemuda yang bergerak sebagai LSM Dedy Arisandy Fisdaus memberikan informasi, hari ini di Desa Kalikuning  kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan menerima bantuan beras dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang didistribusikan melalui PT Yasa Artha Trimanunggal (Bulog). 

" Bantuan tersebut sebanyak 1380 sak dan per kepala keluarga (KK) menerima 10 kilogram. 
Memang akhir - akhir ini masyarakat butuh bantuan pangan, butuh beras, apalagi sebagian harga sembako mulai naik, " Ujar Dedy. 

Dedy menjelaskan saat menemui penerima bantuan bernama Asih, ia merasa sangat senang atas bantuan beras yang diberikan kepada rakyat kecil, bantuan ini sangat berharga sehingga bisa memenuhi kebutuhan sehari - hari. 

" Saya sangat senang mendapatkan bantuan beras, saya sama suami kerjanya tidak menentu dan pendapatanyapun juga tidak menentu. Maka bantuan beras 10 kilo gram beras ini sangat bermanfaat, " akhir kata Dedy  menirukan kalimat warga. 

Editor/penulis : Agus Hermawan

Tidak ada komentar: