Pantun Bupati Pacitan; "Makan Lotek Dicampur Kripik Ketan, Festival Rontek Pancen Apik Tenan" - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Minggu, 19 November 2023

Pantun Bupati Pacitan; "Makan Lotek Dicampur Kripik Ketan, Festival Rontek Pancen Apik Tenan"


Sabtu, 18 November 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan -  Festival Rontek Kabupaten Pacitan 2023 secara resmi di buka oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji di depan kantor Bupati Pacitan Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 8, Krajan, Pacitan Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan Jawa Timur 63512 Sabtu (18/11/2023).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Turmudi mengucapkan terimakasih kepada Mentri Pariwisata dan ekonomi kreatif ( Kemenparekraf) yang telah mensuport dalam rangka pelaksaksanaan festival rontek yang di gelar pada malam ini. 
Ucapan terimaksih yang kedua  kepada Bupati Pacitan yang  memfasilitasi, sehingga terselenggara festival rontek dan dilanjutkan besok pada hari minggu.  

"Dan terimakasih kepada Debuti Bank Indonesia kota Kediri yang telah  mensuport pasar krempyeng sekaligus bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)  kabupaten Pacitan serta  berkenan ikut meramaikan, menyemarakkan acara festival rontek. Semua peserta rontek masuk dalam Karisma Even Nasional (KEN)  tentunya berkat suport, dorongan dan motivasi dari bapak ibu semuanya," kata Turmudi.

Lanjutnya, program tahunan ini  memang  salah satu yang di harapkan  sehingga rontek ini bisa dipromosikan secara nasional maupun internasional. Sekali lagi ucapan kepada seluruh tamu undangan dan para warga masyarakat yang telah hadir pada malem hari ini baik yang melihat secara langsung bagaimana rontek ini kita gelar. Dan semoga kedepannya seni rontek  juga bisa ikut masuk dalam KEN. 

" Saya  mohon dukungan, arahan dan bimbingan dari  Bupati Pacitan beserta OPD dan seluruh jajaran agar pelaksanaan kegiatan  rontek semoga berjalan  lancar dan aman. Saya atas nama temen - temen panitia bila ada kekurangan dan kekilafan mohon kiranya dimaafkan," Harapan kepala Disparbudpora.

Kemenparekraf di wakili staf ahli bidang Reformasi, Birokrasi, dan Regulasi Kurleni Ukar menyampaikan salam hormat dari Kemenparekraf kepada Bupati dan seluruh warga pacitan,  saat ini ia berada di kalimatan dan menyampaikan salam hormat.

'  Ijinkan saya mewakili Kemenparekraf  menyampaikan pantun, akhir pekan jalan - jalan di Pacitan, duduk sejenak memandang awan, sugeng rawuh bapak ibu hadirin sekalian, sudah gak sabar ya.. menunggu festival kebanggaan.

"Kami dari Kemenparekraf menyampaikan apresiasi pada Pemda Kabupaten pacitan khususnya kepala Dinas pariwisata kebuayaan dan olahraga serta seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi, bersinergi untuk menyelenggarakan festival rontek 2023 yang tahun ini alhamduliLLAH terpilih menjadi salah satu festival dalam KEN. 
Ini luar biasa tepuk tangan untuk Pacitan," ajakan Kurleni Ukar kepada penonton untuk Aplause.

Kurleni menambahkan,  KEN adalah program Kemenparekraf yang mempunyai tujuan untuk meningkatakan kualitas penyelenggaraan even daerah, sehingga bisa menjadi atraksi yang menarik, dan ini melalui kurasi yang cukup panjang oleh para kurator profesional. Memang sangat sulit masuk group kami, jadi sekali lagi selamat untuk Pacitan, Ini luar biasa prestasi dari Bupati Pacitan dan seluruh jajaranya. 

Festival Ronthek Pacitan  dengan nilai seni budaya dan kearifan lokal dapat Uni Share Point kabupaten pacitan yang kaya akan kekayaan alam sejarah dan budaya sehingga Kemenparekraf berharap, festival ini sekaligus menjadi ajang bagi promosi destinasi pariwisata di Pacitan dan bisa lebih banyak diperkenalkan pada masyarakat lokal dan masyarakat di Kabupaten - Kabupaten lain. 

"Melalui tema pelaksanaan hari ini di pacitan diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat dan upaya merawat menjaga dan mengembangkan warisan budaya dan nilai - nilai tradisi, selain itu juga memupuk semangat gotong royong dan kebersamaan dari seluruh masyarakat Pacitan dan bersinergi, berkolaborasi untuk terus membangun pariwiaata dan ekononi kreatif Indonesia. Sebagai himbauan yang sangat potensial untuk dikembangkan. Kedepanya kami harapkan terus menerapkan adaptasi dan kolaborasi serta gerak cepat," akhir sambutan Kurleni Ukar. 

Sebelum membuka secara resmi festival ronthek tahun 2023, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyampaikan pantun; "Makan lotek dicampur kripik ketan, festival  rontek pancen apik tenan." 
AlhamduliLLAH kita semua masih bisa menyelenggarakan festival rontek di tahun 2023 ini,  mudah - mudahan lancar dan berdampak baik untuk kita semuanya. 

"AlhamduliLLAH festival rontek sudah masuk KEN. Dan untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat pacitan, karena yang membuat rontek masuk menjadi KEN  dan diakui oleh Kemenparekraf dan insyaALLAH diakui oleh Indonesia karena peran serta seluruh warga masyarakat Kabupaten Pacitan. Mari kita terus tingkatkan seni ronthek di Kabupaten Pacitan ini,  agar tetap bisa diakui secara nasional dan internasinal.

" Mudah - mudahan kedepan festival rontek akan semakin baik dari yang sudah bagus. Perekonomian semakin tumbuh akibat dampak dari festival - festival yang kita selenggarakan salah satunya adalah festival rotek itu sendiri," pungkasnya. (Red)

Tidak ada komentar: