Pandangan Sekda Kab. Pacitan; Penggabungan Wisata, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Kamis, 12 Oktober 2023

Pandangan Sekda Kab. Pacitan; Penggabungan Wisata, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya

foto, Sekda Kab. Pacitan, membangun pariwisata dengan Sutainable Tourism

Kamis, 12 Oktober 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Destinasi wisata berbasis sustainable tourism di Kabupaten Pacitan merupakan salah satu bentuk program ekowisata dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan di Kabupaten Pacitan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho mengatakan, saat ini tidak hanya fokus pada angka kunjungan wisatawan saja, tapi lebih fokus pada usaha mendorong pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism di Kabupaten Pacitan.

"Sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan adalah pengembangan konsep berwisata yang dapat  memberikan dampak jangka panjang. Baik itu terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi untuk masa kini dan masa depan bagi seluruh masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung," ucap Heru.

Dalam upaya mengembangkan sustainable tourism, diperlukan untuk memiliki empat pilar fokus yang dikembangkan. Di antaranya pengelolaan berkelanjutan (bisnis pariwisata), ekonomi berkelanjutan (sosio ekonomi) jangka panjang, keberlanjutan budaya (sustainable culture) yang harus selalu dikembangkan dan dijaga, serta aspek lingkungan (environment sustainability).

"Berbekal 4 pilar utama tersebut, tren pariwisata berkelanjutan akan menjadi kegiatan berwisata yang banyak diminati wisatawan. Tidak sekadar berlibur, setiap wisatawan juga tetap memerhatikan protokol berwisata yang berkaitan dengan kesehatan, keamanan, kenyaman, dan kelestarian alam.
Menariknya, sebenarnya konsep sustainable tourism bukanlah hal baru. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya destinasi wisata berbasis sustainable tourism yang masih terus bertahan hingga sekarang," harapan Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan. (Red)

Tidak ada komentar: