Ketua DPRD Kab. Pacitan Ronny Wahyono, 3 Solusi Atasi Kekeringan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Senin, 02 Oktober 2023

Ketua DPRD Kab. Pacitan Ronny Wahyono, 3 Solusi Atasi Kekeringan

pengiriman air bersih di dampingi langsung oleh Ronny Wahyono

Senin, 2 Oktober 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono memberikan sumbangan bantuan air bersih di beberapa lokasi daerah kekeringan. 

Ronny wahyono mengatakan, pemberian bantuan air bersih ini sesuai permintaan langsung dari warga dibeberapa wilayah. Ia mengakui bantuan tersebut tidak bisa menjangkau ke seluruh kebutuhan warga, tetapi minimal ada sedikit perjuangan untuk bisa memenuhi kenutuhan air bersih di 6 titik lokasi wilayah Kecamatan Tulakan dengan dana pribadi. 

" Saya tetap fokus memberikan perhatian, salah satunya koordinasi  dengan pihak BPBD menyampaikan situasi dilapangan dimana masyarakat membutuhkan air bersih. Wujud kepedulian saya minimal bisa meringankan sebagian daerah yang membutuhkan air, dan sementara yang bisa saya jangkau baru Kecamatan Tulakan dan mungkin daerah lain bisa menyusul," ucap Ronny di halaman Gedung DPRD Kabupaten Pacitan, Senin (2/10/2023).

Ronny berharap bantuan semacam ini bisa terus berdatangan, karena kondisi kekeringan ini tidak dapat diprediksi berlangsung sampai kapan. Warga Kecamatan sendiri menyambut dengan antusias.

" Ada tiga (3) solusi diantaranya solusi jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek. 

- Jangka panjangnya adalah reboisasi atau melakukan penghijauan kembali agar alam menjadi hijau disamping penanam kayu yang bisa menyerap dan menyimpar air. Tentunya penanaman pohon kayu tersebut membutuhkan jangka waktu bertahun - tahun. Disamping itu pohon kayu tersebut juga berfungsi sebagai penyimpan cadangan air, pelindung manusia dan juga aneka satwa.

- Solusi jangka menengahnya adalah pembuatan sumur boor, karena sumur bor adalah alternatif yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Hal ini karena persediaan air pada setiap daerah tidak sama. Ada daerah dengan kedalaman tanah sekitar 6 sampai 10 meter sudah mendapatkan sumber mata air. Ada juga daerah yang mebutuhkan kedalaman sampai 100 meter baru mengeluarkan air bersih.

- Dan yang ketiga solusi jangka pendek salah satunya mensuplai air bersih yang dibutuhkan warga saat ini," ujarnya.

Disisi lain dulu pernah di rencanakan oleh Bupati H. Suyono  menggunakan air laut untuk minum dengan melalui proses yang bernama desalinasi air laut. Desalinasi air laut adalah proses mengolah air laut menjadi air tawar. (Red). 

Tidak ada komentar: