Progres Sertifikasi Tanah Aset Pemda Pacitan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Sabtu, 02 September 2023

Progres Sertifikasi Tanah Aset Pemda Pacitan

surve dan peninjauhan langsung oleh dinas Perkim
Sabtu, 2 September 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Perkembangan sertifikasi tanah aset Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pacitan, hingga pekan pertama September 2023 telah mencapai separuh lebih dari target yang ditetapkan. 

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim)  Kabupaten Pacitan, Heru Tunggul mengatakan, pada tahun 2023 ini, ditetapkan target sebanyak 265 bidang tanah yang harus disertifikasi. Terhitung 186 bidang tanah berhasil di daftarkan untuk proses sertifikasi di Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan.

" Berdasarkan data, total 1.811 bidang tanah yang menjadi aset pemda telah berhasil tersertifikasi sebanyak 1.402. Hal itu telah mencapai lebih dari separuh jumlah target yang ada, atau dalam presentase sebanyak 77,42%," informasi yang disampaikan Heru kepada awak media Jum'at (1/9).

Kemudian lanjutnya, sertifikasi tanah aset dari pemda, bertujuan untuk pengamanan sekaligus penertiban sebagai aset. Tak hanya itu, sertifikasi aset tersebut juga bertujuan untuk menghindari pengakuan ganda, sehingga tidak ada tanah yang di klaim oleh pihak lain.

" Mengingat dan menimbang bahwa aset tanah nilainya mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. 
Dengan terbitnya sertifikat tanah di seluruh kepemilikan aset tanah pemda, maka akan membawa manfaat dalam meningkatnya legalitas aset yang dimiliki. Serta pemanfaatan aset mendukung peningkatan pendapatan asli daerah.
Sertifikasi aset tanah menjadi salah satu komitmen Bupati Pacitan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik," akhir statemen Kepala Dinas Perkim Heru Tunggul. (Red)

Tidak ada komentar: