Peduli Gizi Anak, Upaya Pencegahan Stunting - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Kamis, 14 September 2023

Peduli Gizi Anak, Upaya Pencegahan Stunting

profil, SMPN 1 Punung
Kamis, 14 September 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Sebagai upaya iplementasin pelaksanaan delapan (8) aksi konvergensin dalam pencehahan stunting, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Punung  menggelar kegiatan Aksi Bergizi dan Eduiasi Gizi Seimbang di Sekolah  yang dilaksanakan di SMPN 1 Punung. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr. Daru Mustikoaji mengakatan, tujuan kegiatan gerakan aksi bergizi antaran:
Meningkatkan literasi dan kesadaran warga sekolah tentang pentingnya konsumsi tablet tambah darah, olahraga/aktivitas fisik, dan konsumsi gizi seimbang (aksi bergizi), meningkatkan komitmen sekolah  untuk melaksanakan kegiatan aksi bergizi secara rutin (setiap minggu).
 Meningkatkan  kolaborasi perangkat daerah terkait dalam rangka penyelenggaraan aksi bergizi di sekolah sebagai upaya pencegahan stunting.

"Rangkaian kegiatan aksi bergizi di ikuti oleh ratusan siswa/siswi dimulai dengan senam bersama, makan buah, minum tablet tambah darah untuk siswi, penyuluhan kesehatan.
Saya menghimbau dan mengajak para siswa untuk sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan memperhatikan asupan gizi yang seimbang di usia remaja, karena diusian ini aktivitas sudah lebih banyak," jelas dr. Daru.

 Pentingtingnya mengatur waktu istirahat  dan menghindari mengonsumsi asupan yang tidak bermanfaat, hindari begadang untuk hal - hal yang tidak bermanfaat, dan menghindari rokok bagi remaja laki - laki.
Dinas Kesehatan melalui 24 Puskesmas se Kabupaten Pacitan akan terus mendukung kegiatan yang memberikan dampak positif kepada generasi muda, berharap kegiatan ini akan menjadi edukasi bagi anak usia remaja tentang pentingnya gizi seimbang dan menjadikan kebiasaan konsumsi asupan sehat dalam keseharian. 

" Khusus untuk remaja putri, kebutuhan gizinya agak sedikit dikarenakan memiliki kondisi  khusus, maka dari itu dibagikan tablet tambah darah untuk mencegah anemia. Kegiatan edukasi kesrhatan dan pembagian tablet tambah darah ini akan melahirkan generasi yang sehat dan dapat menjadi langkah dalam pencegahan stunting di Kabupaten Pacitan," pungkasnya.

Tidak ada komentar: