Sekda Pacitan; Desa Sebagai Ujung Tombak Pembangunan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Minggu, 27 Agustus 2023

Sekda Pacitan; Desa Sebagai Ujung Tombak Pembangunan

Foto; Di Kantor Sektretaris Daerah Kabupaten Pacitan
Minggu, 27 Agustus 2023

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pacitan menjadi trending topik di group WhatsApp, Instragram, Twitter, Tiktok, Snackvidio dan di dunia medsos lainnya. Ramainya pemilihan Kades yang di gelar di beberapa Kecamatan, ada inti informasi  penting untuk di pahami/disampaikan oleh masyarakat Kabupaten Pacitan. 

Terkait pemahaman tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho menyampaikan, desa merupakan sebagai ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sampai hari ini desa diberikan sumber dana yang memadai, sehingga dapat mengelola potensi yang dimilikinya, guna meningkatkan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Seperti halnya pernah diungkapkan Bupati Pacitan.

"Dana Desa digunakan untuk mendanai dalam prioritas kegiatan pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, meningkatkan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa," tegas Heru.

Kemudian pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari dana desa berpedoman pada pedoman teknis yang ditetapkan oleh bupati mengenai kegiatan yang dibiayai dari dana desa.
Pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari dana desa diutamakan dilakukan secara swakelola dengan menggunakan sumber daya/bahan baku lokal.

"Dana Desa juga dapat digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang tidak termasuk dalam prioritas penggunaan Dana Desa setelah mendapat persetujuan bupati dengan memastikan pengalokasian dana desa untuk kegiatan-kegiatan yang menjadi prioritas telah terpenuhi dan/atau kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat telah terpenuhi. Dan pengelolaan dana desa yang merupakan amanat undang - undang ini harus lebih transparansi, akuntabel mulai dari  perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, hingga sampai pengawasan," ucapnya.

 Selama ini desa - desa di 12 Kecamatan yang ada, sudah mampu memberikan wujud kehidupan masyarakat desa yang guyup rukun, tenang damai, penuh dengan adat, tradisi dan budaya yang senantiasa dijunjung tinggi. Guna meningkatakan daya saing, kualitas dan taraf hidup masyarakat desa perlu adanya enovasi baru. Akselerasi pembangunan yang saat ini gencar di gaungakan oleh Pemerintah, seperti membangun daerah di mulai dari pinggiran. Artinya Desa menjadi preoritas untuk mencapai percepatan pembangunan. Dalam hal ini menjadi sebuah kesempatan bagi desa - desa yang ada untuk mengembangkannya. 

"Saya berharap seluruh desa yang ada di Kabupaten Pacitan bisa menjadi desa mandiri, lebih kompetitif, dan berdaya saing. Desa pada akhirnya menjadi ujung tombak dalam proses mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pacitan, oleh karena itu agar dana desa dapat benar - benar mampu memutar perekonomian desa, membangun desa, dan memberdayakan desa, maka harus memperkuat para aktor yang terlibat. Pengelola  desa benar - benar tersalurkan dengan tepat, memaksimalkan penggunaan anggaran untuk Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa, tidak hanya mengandalkan BLT sebagai salah satu instrumen konsumsi masyarakat, peran dari tenaga kerja di desa sangat vital untuk menggerakan roda perekonomian," pesan Heru untuk Kepala Desa. (Red)

Tidak ada komentar: