Saptono; Kebijakan Pembebasan Retribusi Destinasi Wisata "Setengah Dengkul" - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Kamis, 01 Juni 2023

Saptono; Kebijakan Pembebasan Retribusi Destinasi Wisata "Setengah Dengkul"



Kamis, 1 Juni 2023(19.43) Wib

Mediaportalpacitan.com
 Pacitan – Ketua Komunitas Masyarakat Pacitan Saptono secara pribadi menolak kebijakan jika pemerintah daerah setempat menggratiskan tiket masuk disalah satu destinasi wisata. Destinasi wisata alam seharusnya bisa dikelola dengan baik oleh Pemda.

 Saptono menegaskan, destinasi wisata kawasan pantai tidak wajib untuk digratiskan  walaupun destinasi wisata pantai merupakan kewenangan pemerintah daerah,  Indonesia mempunyai fungsi dalam membangun masyarakat yang adil dan makmur seperti yang ada di dalam Undang - Undang Dasar tahun 1945. Dengan demikian segenap potensi dan sumber daya pembangunan yang ada harus dialokasikan secara efektif dan efisien melalui proses kemajuan dan perbaikan secara terus menerus yang disebut pembangunan.

"Sektor pariwisata merupakan sektor potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan Daerah, di era globalisasi yang sekarang ini pembangunan pariwisata perlu dijadikan sebagai preoritas utama dalam menunjang pembangunan suatu daerah. Selain itu sektor pariwisata dapat memperbaiki perekonomian dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan pengembangan daerah yang berpotensi obyek wisata," tutur Saptono.

Dari sekian banyaknya potensi wisata di Daerah Kabupaten salah satu yang menjadi sumber devisa termasuk yang paling banyak  memberikan kontribusi pada anggaran Pendapatan Daerah di sektor pariwisata adalah potensi wisata. Menurut analisa Saptono dalam tingkat pendapatan asli daerah bagi Pemerintah Daerah Kabupaten berada pada posisi kedua, salah satu tujuan wisata mampu memberikan kontribusi besar bagi pendapatan asli daerah (PAD), bukannya memberikan kebijakan "setengah dengkul" dalam membebaskan restribusi di salah satu destinasi wisata yang ada.

Pengusaha muda Pacitan Sugiharto hadir ikut memberikan solusi  terbaik bagi kemajuan daerah di sektor wisata, ia mengatakan dari pada di gratiskan lebih baik untuk membangkitkan pariwisata, usaha ekonomi kreatif salah satunya Pemerintah Daerah perlu memberikan kesempatan kepada investor lokal guna mendukung pendapatan daerah. 

"Untuk mempercepat pembangunan wisata dan usaha ekonomi kreatif perlu bekerja sama dengan pihak investasi lokal. Investor lokal tidak kalah penting membangun sarana dan prasarana wisata maupun usaha ekonomi kreatif di Kabupaten. Invetor lokal juga mampu membangkitkan pariwisata dan usaha ekonomi kreatif di daerah ini," ungkap Sugiharto.

Sugiharto menambahkan diakhir statemenya, dengan mendukung memberikan kepercayaan bagi investor lokal sama halnya Pemerintah Daerah memberikan kesempatan pemerataan pemanfaatan  bagi putra daerah.

Editor/pewarta : Agus Hermawan.

Tidak ada komentar: