Sejarah, 1 Mei 2013 SBY Menetapkan Hari Buruh Sebagai Hari Libur Nasional - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Senin, 01 Mei 2023

Sejarah, 1 Mei 2013 SBY Menetapkan Hari Buruh Sebagai Hari Libur Nasional


Senin, 1 Mei 2023(13.12)

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Dalam Undang - Undang Nomor 12 Tahun 1948 mengatur disetiap tanggal 1 Mei buruh diizinkan tidak bekerja. Undang - Undang ini juga mengatur dalam perlindungan anak dan hak perempuan sebagi pekerja.  Kemudian tanggal 1 Mei 2013 Presiden ke VI Susilo Bambang Yudoyono telah menetapkan hari buruh tersebut sebagai hari libur nasional. 

 Dilansir dari Kompas.com, History sejarah buruh di tingkat internasional dari abad 19 menuju puncak revolusi industri, dimana ribuan pekerja laki - laki, perempuan, baik anak - anak banyak yang meninggal dunia di setiap tahun dikarenakan situasi kondisi kinerja buruk dengan waktu kerja yang sangat panjang. Federation of Organized Trades and Labour Union mengadakan konvensi di Chicago Tahun 1884,  mengupayakan untuk mengakhiri sikon yang dipandang tidak manusiawi.

Bermunculan serikat buruh terbesar di Amerika mendukung proklamasi mendorong para pekerja untuk mogok dan berdemonstrasi dengan jumlah 300 ribu pekerja dari 13.000 binis keluar dari pekerjaan mereka di seluruh negeri tanggal 1 Mei 1886 dengan diwarnai bentrok antara polisi dan pekerja, kemudian esok harinya unjuk rasa  di Haymarket Square pihak polisi banyak melukai para pekerja, insiden inilah kemudian memicu represi nasional.

Berlanjut ke Sejarah Hari Buruh di Indonesia yang bermula dari zaman penjajahan di bawah kekuasaan Belanda dengan kondisi para pekerja di sektor perkebunan dan industri sangat amat terlalu sadis dan buruk. Para pekerjapun kerap mengalami eksploitasi, penindasan, dan penyiksaan oleh penjajah Belanda  dengan kondisi kerja yang tidak manusiawi, upah yang didapatkan buruhpun sangat kecil, apalagi tidak ada jaminan kesehatan atau jaminan keselamatan kerja yang membuat pera pekerja memperjuangkan hak - hak mereka.

Bertepatan pada tanggal 1 Mei 2013 telah terjadi peristiwa bersejarah di hari buruh Indonesia, dimana pada waktu itu Presiden Bambang Susilo Yudoyono  menetapkan hari buruh sebagai hari libur nasional.

Editor/ pewarta : Agus Hermawan.

Tidak ada komentar: