Penghujung Awal Musim Kemarau, PUPR Kabupaten Pacitan Maksimalkan Kegiatan Penuntasan Permasalahan Genangan Kota - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Jumat, 19 Mei 2023

Penghujung Awal Musim Kemarau, PUPR Kabupaten Pacitan Maksimalkan Kegiatan Penuntasan Permasalahan Genangan Kota



Jum'at, 19 Mei 2023(17.58) Wib

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Saat ditemui awak media di sela-sela kegiatan pengerugan saluran drainase Mentoro-Menadi-Arjowinangun, Kabid Penyehatan Lingkungan dan Air Minum (PLAM) Tonny Setyo Nugroho, ST menyampaikan  kegiatan penuntasan permasalahan genangan yang sering terjadi di kota Pacitan.

"Langkah awal pekerjaan yang kami lakukan, normalisasi dan rehabilitasi kondisi saluran di seputaran Kota Pacitan. Salah satunya dengan kegiatan pengerugan saluran drainase  Mentoro-Menadi-Arjowinangun, selain saluran ini juga sudah kami laksanakan rehabilitasi kondisi penampang saluran yang rusak, salah satu contoh pasar Gerdon dan Dusun Blimbing yang berada di wilayah Kelurahan Pucangsewu. Selain itu kegiatan normalisasi bangunan-bangunan air yang berfungsi mengendalikan genangan juga sudah kami selesaikan pengerjaannya di bulan April kemarin yaitu embung di Kelurahan Pacitan yang lebih sering dikenal sebagai embung Eyang Minggir," kata Toni dengan seyum khasnya. 

Ia berharap dengan normalisasi dan rehabilitasi ini bisa menjadi salah satu solusi penuntasan permasalahan genangan di kota Pacitan.
Saat ditanya tentang kondisi saluran drainase Kota Pacitan, apakah masih sesuai dengan kondisi terkini? Tonny Setyo Nugroho, ST menjawab, secara bertahap telah dilakukan evaluasi kondisi saluran eksisting yang mampu dan sesuai dengan kondisi kota Pacitan terkini. Beberapa redesain fungsi saluran dilakukan untuk menjawab tantangan ke depan terkait kemampuan layan dari saluran drainase eksisting. Salah satunya adalah redesain saluran di kawasan barat kota Pacitan yang berujung di belakang Gedung Pemuda sport center Pacitan.

" PUPR Kabupaten Pacitan hari ini sudah membuktikan  redesain saluran drainase yang ada untuk mencukupi debit aliran air yang melimpah dari kawasan baratkota Pacitan. 
Hal ini secara bertahap dan simultan telah  kami lakukan pula untuk meyakinkan bahwa kapasitas layan saluran drainase kota sudah sesuai dengan kondisi yang ada dewasa ini," demikian akhir statemen dari Kabid PLAM Dinas PUPR Kabupaten Pacitan.

Editor/pewarta:Agus Hermawan.

Tidak ada komentar: