FORPEDDAS Pacitan Datangkan 9 Truk Bibit Buah - Buahan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Kamis, 01 Juni 2023

FORPEDDAS Pacitan Datangkan 9 Truk Bibit Buah - Buahan

Kamis, 1 Juni 2023(12.19) Wib

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Forpeddas (Forum Peduli Daerah Aliran Sungai) merupakan suatu forum sosial yang selama ini kegiatannya mengkususkan pada pengelolaan dan pelestarian hutan rakyat.

Gerakan Forpeddas Pacitan dalam mengajak pemilik lahan hutan untuk mengoptimalkan peran hutan sebagi sumber kemakmuran pemilik lahan dan pelindung mata air serta pencegahan terjadinya banjir.
Fenomena longsorpun tdk luput dari perhatian Para Penggiat hutan rakyat yg tergabung di FORPEDDAS.

Koordinasi lintas sektoral bahkan dengan BPDASHL Solo sangat insten dilakukan. Utk musim tanam tahun ini forpeddas merencanakan akan mendatangkan 9 Truk bibit buah - buahan dan pelindung mata air.
Semua bibit gratis buat pemilik lahan, sesuai dengan usulan dari gapoktan dan masing masing kelompok.
Perubahan keinginan pemilik lahan yg tidak hanya menanam jenis tanaman kayu menjadi femonema yg sangat luar biasa.

Pegiat lingkungan Heru  Suranto mengatakan, para pemilik lahan saat ini mayoritas melalui gapoktan mengajukan tanaman buah - buahan (70%), sedangkan jenis tanaman kayu sudah mengarah pada tanaman sebagai pelindung mata air.

"Forpeddas sebagai forum terbuka memfasilitasi pengadaan bibit tersebut dan bekerjasama dengan FORDAS SOLO sebagai INDUK dari semua fordas se wilayah BPDASHL Solo melakukan koordinasi dengan BPDASHL SOLO agar permohonan para pemilik lahan bisa terakomodir di BALAI PRSEMAIAN PERMANAEN BPDASHL Solo," informasi yang disampaikan awak mediaportalpacitan.com Kamis (01/06/2023).

Lanjut Heru, hari ini Forpeddas Pacitan melakukan  koordinasi terkait usulan gapoktan yg sudah disampaikan beberapa bulan yang lalu, disaat musim hujan (tanam) tahun ini diharapkan bibit sudah teralokasikan ke berbagai gapoktan.

"Selama ini FORPEDDAS Pacitan masih mengandalkan dana melekat anggota dan beberapa sponsor yg peduli," pungkasnya.

Editor/ pewarta: Agus Hermawan.

Tidak ada komentar: