Drg. Cantik RSUD dr. Darsono Raih Penghargaan Spesialis Penyakit Mulut Teladan Tingkat Nasional - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Senin, 15 Mei 2023

Drg. Cantik RSUD dr. Darsono Raih Penghargaan Spesialis Penyakit Mulut Teladan Tingkat Nasional


Senin, 15 Mei 2023 (14.11)Wib

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Salah satu dokter gigi Spesialis Penyakit Mulut (SPM) yang mempunyai paras cantik dengan nama lengkap Satrya Ayu Erawati Prayuda, MDSc.,Sp. PM. Tidak hanya cantik tapi dokter yang satu ini telah mendapatkan apresiasi atau penghargaan pada ajang pemilihan sebagai drg spesialis "TELADAN" tingkat nasional dengan inovasinya yang disebut "CERMIN DEWA" tahun 2022 oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). 
Pantas ia mendapatkan apresiasi Teladan, saat memberikan informasi didepan awak media bak profesor BJ Habibi yang lagi memaparkan ilmu tehnologi.

Apa Cermin Dewa ? Ia menjelaskan, bercermin dengan waspada. Artinya pasien dalam perawatan yang sudah pernah dilakukan di RSUD dr. Darsono, ternyata banyak ditemukan dari beberapa pasien menderita kanker mulut dengan tahapan lanjut. 

" Dengan kasus ini saya mempunyai sebuah gagasan atau inovasi, sebagai upaya deteksi agar kanker mulut ditemui di tahap awal, atau bisa dicegah dengan cara bercermin dan waspada. Saya menyarankan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pacitan untuk bercermin mengamati di bagian mulut, pipi, lidah, apakah ada perubahan baik warnanya, benjolan, dan mungkin secara tiba - tiba berdarah," kata drg. Satrya.

Bagi masyarakat jika menemukan gejala - gejala seperti informasi diatas, segera di tindak lanjuti periksa ke dokter RSUD dr. Darsono. Dalam hal ini spesialisnya adalah spesialis penyakit mulut, inilah salah satu solusi sejak dini dari Cermin Dewa untuk mencegah terjadinya kanker.

" Awal bisa berinovasi yang saya  kembangkan, sejak bertugas di Puskesmas Punung tahun 2005 lalu kemudian dimutasi di Puskesmas Ngadirojo pada tahun 2009,  sampai tahun 2010 mendapatkan amanah bertugas di RSUD dr. Darsono. Dan di tahun 2022 inilah Cermin Dewa mendapatkan apresiasi penghargaan sebagai  dokter gigi spesialis penyakit mulut oleh Bupati Pacitan, Gubernur, dan  Kemenkes RI," bahasa yang lugas, teliti, dan cermat yang disampaikan drg, Satrya.

Akhir narasi yang disampaikan drg Satrya kepada awak mediaportalpacitan, ia menyebutkan bahwa inovasi yang telah dibuatnya ini bukan hanya sekedar ikut lomba atau hanya cukup dapat pengakuan sebagai dokter teladan, tetapi bagaimana memberikan pelayanan yang baik dan  bermanfaat kepada masyarakat Kabupaten Pacitan. 

Editor/pewarta: Agus Hermawan

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Jos gandoz wis wos