Dinas PUPR Pacitan Terus Lakukan Kegiatan Pemeliharaan Saluran Air - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Selasa, 09 Mei 2023

Dinas PUPR Pacitan Terus Lakukan Kegiatan Pemeliharaan Saluran Air

Selasa,  9 Mei 2023 (17.25) Wib
  

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pacitan terus lakukan kegiatan pemeliharaan saluran air di seluruh wilayah Kecamatan Pacitan. Hari ini terlihat banyak pekerja dari Dinas PUPR membersihkan drainase di awali dari titik O depan SMPN 4 Jalan KH. Magribi Desa Mentoro.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan dan Air Minum (PLAM)  PUPR Pacitan Tonny Setyo Nugroho, ST Selasa (09/05/2023). Ia mengatakan,  pengerjaan ini merupakan program pemeliharaan saluran drainase PUPR Kabupaten Pacitan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap kurang lebih dua tahun sekali.

"Kami memulai dari titik 0 depan SMPN 4 Mentoro dengan semoga cuaca ikut mendukung tidak turun hujan, target kami sampai depan Rumah Sakit PKU Muhammadyah Desa Arjowinangun,"kata Tonny.

 Program pemeliharaan saluran drainase yang dikerjakan PUPR Kabupaten Pacitan Desa Mentoro, Menadi, Arjowinangun ini, sedimentasinya memang sudah cukup tinggi dan salurannya tinggal 30 sampai 50 cm. Bilamana tidak dikerjakan, jika nanti turun hujan pihak PUPR sangat kuatir, air akan meluap kejalan. 

"Rencananya program  ini kami kerjakan selesai maksimal 2 minggu, kemudian kami lanjut dari arah Penceng sampai SPBU Ploso. Kegiatan tersebut kami laksanakan secara swakelola oleh Dinas PUPR Kabupaten Pacitan sendiri," ucap Tonny sambil mengawasi para pekerja.

Disisi lain hadir pula Camat Pacitan Sugiyem, AP.,M.Si memantau kondisi titik - titik pengerjaan sebagai langkah antisipasi banjir dan genangan saat musim hujan.

"Hasil Pemantauan ini sebagai data untuk kami, mana saja yang akan di kerjakan sedimennya dikeruk. Pemeliharaan di daerah ini dilakukan karena menjadi langganan genangan air saat hujan dengan intensitas tinggi," tambah Camat Pacitan.

Pada waktu yang bersamaan, tim pasukan pekerja lainnya juga bergerak. Drainase di saluran ini banyak ditemukan sampah, rumput liar, dan tanaman air yang menghambat aliran air.

"Dengan dilakukan pembersihan dan pemeliharaan drainase, diharapkan aliran air nanti agar kembali lancar. Sehingga, genangan air bisa diminimalisir saat hujan deras," akhir kata yang disampaikan Camat Pacitan sembari menyodorkan botol minuman. 

Editor/pewarta : Agus Hermawan.

Tidak ada komentar: