Plt, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pacitan dr. Daru Mustikoaji Menyampaikan Pesan Kesehatan Di Bulan Suci Ramadhan 1444H - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Senin, 17 April 2023

Plt, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pacitan dr. Daru Mustikoaji Menyampaikan Pesan Kesehatan Di Bulan Suci Ramadhan 1444H

Senin, 17 April 2023 (13.57)


Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr. Daru Mustikoaji, menyampaikan manfaat puasa bagi kesehatan, yang pertama adalah menurunkan berat badan. Melihat dan menimbang bahwa puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori dan lemak juga ikut meningkat. 

"Dalam hal ini tentunya akan memicu terjadinya penurunan berat badan sekaligus mencegah terjadinya obesitas.
Konsep puasa ramadan sendiri terbukti bermanfaat untuk menjaga berat badan, bahkan menghindari penuaan," kata dr. Daru saat di konfirmasi, Senin, (17/04/2023).

Kemudia lanjut dr. Daru, seseorang yang berpuasa selama satu bulan penuh diketahui memiliki risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, serta tekanan darah tinggi yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa.

"Manfaat puasa juga  membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ini dikarenakan tubuh tetap mendapatkan asupan makanan saat sahur dan berbuka, puasa bagi kesehatan juga dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas atau detoksifikasi. Detoksifikasi merupakan proses tubuh dalam memperoleh gizi yang tepat dengan memberikan kesempatan untuk membuang zat-zat beracun dalam tubuh," tuturnya.

Lebih lanjut untuk kesehatan mental puasa dapat mengatasi stres lebih baik, meningkatkan suasana hati, serta lebih mudah beradaptasi dengan perubahan. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa, jumlah iproduksi kelenjar adrenal lebih stabil sehingga bisa mengurangi stres.
Alhamdulilah di Kabupaten Pacitan, selama bulan Suci Ramadhan terkait kesehatan masyarakat aman - aman saja, tidak ada lonjakan kasus penyakit menular yang serius dan masyarakat sudah peduli dan secara mandiri menjaga  kesehatan, prinsip PHBS tetap menjadi pilihan. 

" Pelayanan Kesehatan di tingkat wilayah berjalan sebagaimana aturan yang ada. 
Itulah sedikit kesan hikmah puasa bagi kesehatan," pungkasnya.

Editor/ pewarta : Agus hermawan

Tidak ada komentar: