Tembus Rp. 300 jt Transaki Bursa Kambing Etawa Di Pasar Hewan Pacitan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Minggu, 13 Maret 2022

Tembus Rp. 300 jt Transaki Bursa Kambing Etawa Di Pasar Hewan Pacitan


Minggu, 13 Maret 2022

MPP.Com
Pacitan - Melihat ramainya peminat bagi para penggemar kambing, paguyuban peternak kambing PE mengadakan Bursa Kambing PE di pasar hewan (pasar pon) Desa Semanten, 13 Maret 2022.

Ketua paguyuban peternak kambing PE Suparno mengatakan, bahwa tujuannya mengadakan acara ini semata - mata untuk mempermudah dalam mendapatkan informasi dan transaksi kambing etawa, serta dapat memenuhi keinginan dari para peternak atau penggemar dalam mendapatkan kambing maupun menjual kambingnya secara langsung maka hari ini paguyuban ternak kambing etawa awal membuka bursa jual beli kambing peranakan etawa.

"Selama ini dari hasil pengamatan saya, para peternak merasa kusulitan menjual kambingnya, sehingga atas dorongan teman - teman saya mengambil langkah dengan atas nama paguyuban peternak kambing etawa mengadakan bursa  untuk mewadai dan memfasilitasi bagi para peternak untuk lebih mudah menjual kambing miliknya," kata Parno didepan awak media portal pacitan.com

Parno membuka kesempatan bagi para penggemar luar daerah Kabupaten Pacitan untuk berburu kambing etawa di Pacitan, kambing etawa milik peternak Kabupaten Pacitan saat ini tidak kalah dengan kambing daerah lain. 

" Hari ini telah terjadi transaksi dari enam ( ekor ) kambing etawa dengan nominal Rp. 126 jt, dari ke enam kambing tersebut yang sudah menjadi milik kepala Desa ketepung dengan mama julukan putu labas dan anak bejo yang sudah kondang di kancah nasional," ucap Parno.

Di tempat yang sama salah satu pengusaha sukses dan juga sebagai motor penggerak paguyuban kambing etawa Yudi apolo membagikan statemen, memang diakui atu tidak kehadiran corona virus - 19 kemarin sampai hari membuat para pegiat usaha, petani, dan peternak merasakan dampaknya. Mengembalikan usaha khususnya bagi para peternak kambing bukanlah hal yang mudah dalam memulihkan perekonomian rakyat.

" Saya mengamati selama terjun di dunia perkambingan, ternak kambing etawa mempunyai prospek dan menjanjikan kedepannya, hal ini mampu dijadikan aikon Kabupaten Pacitan di kancah nasional. Hanya saja masyarakat kambing etawa masih meragukan dan takut dikira kambing etawa itu mahal, padahal kambing etawa itu ada yang kelas ekonomi, brandinh, dan kelas kontes, disisi lain kambing etawa sebenarnya sangat menguntungkan dari sisi  satu liter susu kambing etawa senilai Rp. 30 rb, belum dagingnya. Saya buktikan dengan suport saya sebagai sponsor bursa kambing etawa kita adakan di lokasi pasar pon ( pasar hewan), kita berikan rasa percaya bagi para peternak bahwa kambing etawa itu sangat menguntungkan," jelasnya.

Yudi sangat mengharapkan bagi calon peminat supaya tidak belanja kambing diluar daerah Kabupaten Pacitan, sebab para peternak sudah mempu menyediakan kambing - kambing yang berkualitas, tidak hanya ratusan tapi sudah menjadi ribuan kambing etawa. 

" Saya bersyukur hari ini pukul 11 : 30 wib hasil transaksi sudah mencapai Rp. 300 jt. Dan kedepanya agenda kontes dan bursa akan saya adakan disetiap bulannya dilokasi pasar pon atau pasar hewan Desa Semanten Kec. Pacitan," penyampain Yudi apolo dengan semangatnya.

Yang lebih menarik lagi keyakinan salah satu pengusaha muda sukses sekaligus peternak kambing etawa Sugiharto TS, dengan dampak tumbuhnya perekonomian lewat kambing etawa di Pacitan merupakan kesempatan pembudidayaan kambing etawa dalam skala besar.

"Sudah banyak lokasi  peternakan peranakan etawa atau biasa yg disebut PE (keturunan silangan kambing etawa dengan kambing lokal) dan pembibitan jenis kambing diwilayah Kabupaten Pacitan, tersebar di 12 Kecamatan, maka saya yakin kambing etawa di Kabupaten Pacitan akan menjadi barometer tersendiri," pungkasnya.(ags)

Tidak ada komentar: