Jaga Ekosistem Laut, Dandim 0801 Pacitan Hadiri Penanaman Mangrove Bersama Gubernur Jawa Timur - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Sabtu, 19 Februari 2022

Jaga Ekosistem Laut, Dandim 0801 Pacitan Hadiri Penanaman Mangrove Bersama Gubernur Jawa Timur


Sabtu, 19 Febuari 2022

MPP.Com
Pacitan – Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim S.I.P., M.Si bersama Forkopimda lainya melaksanakan penghijauan dengan penanaman pohon mangrove bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Pantai Watumejo Mangrove Park Dsn. Kiteran Desa Kembang Kec/Kab. Pacitan, Sabtu (19/02/2022).

Disela - sela kegiatan penanaman mangrove Dandim menyampaikan dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan Watu Mejo Magrove Park dapat semakin dikenal sebagai salah satu destinasi wisata berbasis pengurangan resiko bencana dan membawa manfaat bagi masyarakat, terutama di desa Kembang.

"Tentunya selaras dengan misi pemerintah daerah Pacitan yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor agraris, sektor pariwisata dan unggulan lainnya", Tegas Dandim.

Saat dikonfirmasi awak media Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan Kegiatan ini merupakan upaya kesiapsiagaan kita bersama untuk menghadapi potensi ancaman gempa bumi dan tsunami. Dengan kondisi alam seperti ini sudah tentu kita wajib berusaha keras mengantisipasi kemungkinan terjadinya berbagai bencana.

"Ekosistem mangrove memiliki keterkaitan erat terhadap perubahan iklim. Keberadaan mangrove yang sehat di kawasan pesisir dapat meningkatkan resiliensi masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim dan meminimalisir dampak bencana alam, seperti tsunami, badai dan gelombang serta memelihara ekosistem Laut", Pungkas Gubernur Jawa Timur.

Saat ini upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta reboisasi dan penghijauan sudah tidak dapat ditunda lagi. Bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius, salah satunya ialah abrasi yang dapat menyebabkan penyempitan garis pantai.(Pendim 0801/Pacitan)

Tidak ada komentar: