Dinkes Kab. Pacitan; Mengatifkan Menyusui, Membuat Perbedaan Bagi Orang Tua Yang Bekerja - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Selasa, 01 Agustus 2023

Dinkes Kab. Pacitan; Mengatifkan Menyusui, Membuat Perbedaan Bagi Orang Tua Yang Bekerja

 Selasa, 1 Agustus 2023 (16.36) Wib

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan ikut serta memperingati Hari ASI Sedunia. Sejarah Hari Asi Sedunia dan Pekan Asi Sedunia dimuali sejak awal 1990 an, ketika WHO dan UNICEF memperkenalkan memorandum untuk mendukung dan mempromosikan aksi inimenyusui. Pekan Asi Sedunia 2023 mengusung tema ENABLING BRRASTFEEDING : Making A Difference For Working Parents. Artinya mengaktifkan Menyusui; membuat perbedaan  bagi orang tua yang bekerja. Tema tersebut didukung kampanye Pekan Asi Sedunia tahun 2023 ini akan fokus menyusui dan pekerjaan. Target audiens nya pekan asi tahun 2023 ini adalah adanya kebijakan tempat kerja, masyarakat dan orang tua. Semuanya terlibat untuk memainkan peran penting dalam memberdayakan keluarga dan mempertahankan lingkungan yang ramah menyusui dalam kehidupan kerja pasca pandemi, di Kabupaten Pacitan sudah ada peraturan Bupati tentang inisiasi menyusui dini yaitu Perbub, nomor 48 Tahun 2017 dimana perbub tersebut memuat hak - hak bayi untuk mendapatkan Asi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr. Daru Mustikoaji mengatakan, tujuan Asi Sedunia dan Pekan Asi Sedunia secara umum Pekan Asi Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan kesejahteraan menyusui.

" Dan pentingnya mendukung Ibu untuk menyusui selama mereka diinginkan, disamping itu juga untuk menyoroti manfaat besar dan Asi bagi kesehatan dan kesejahteraan bayi, serta dorongan yang lebih luas  untuk kesehatan ibu, dengan fokus pada nutrisi yang baik, pengurangan kemiskinan dan ketahanan pangan," ucapnya.

Kemudian menurut dr. Daru, dan juga lebih penting adalah memberikan peluang strategis untuk mengadvokasi hak - hak pekerja untuk keberhasilan menyusui, dan kebijakan pendukung setelahnya di tempat kerja, seperti keberadaan ruang menyusui di tempat pelayanan publik dan Institusi Pemerintah/ swasta jika sudah ada tempat/ ruang menyusui  setidaknya tidak merubah menjadi gudang.

"WHO akan menggunakan pekan ini untuk mengangkat pratik - pratik baik dukungan tempat kerja untuk praktik menyusui, diberbagai negara, pada beragam jenis kontrak dan sektor, dan mempromosikan aksi - aksi untuk membantu memastikan untuk keberhasilan menyusui bagi semua perempuan yang bekerja, dimanapum mereka bekerja," akhir kalimat yang disampaikan kepada awak mediaportalpacitan.com di jl. Letjen Suprapto No. 42, Craken Kulon, Sumberharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PPKB)  dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak ( PPPA) Jayuk Susilaning Tyas yang beralamatkan di Kuarasan, Baleharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan ikut manambahkan memberikan statemen singkat, mari kita dukung gerakan inisiasi menyusui dini bagi bayi baru lahir dan gerakan ASI Eksklusif sampai usia 6 bulan, agar bayi tumbuh dan berkembang sehat. (Red)

Tidak ada komentar: