Dinas KPP Kab. Pacitan Giat Sekolah Lapang Di Musim Panen Jahe Gajah - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Selasa, 18 Juli 2023

Dinas KPP Kab. Pacitan Giat Sekolah Lapang Di Musim Panen Jahe Gajah

Selasa, 18 Juli 2023(12.01) Wib

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - Kabid Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KPP) Kabupaten Pacitan Gatut Winarso lakukan kegiatan sekolah lapang pertemuan ke - 3 kali, Ia memberikan materi pertama tentang "panen" dilahan petani, kemudian dilanjutkan dengan "Sortasi dan Grading". Pembahasan yang disampaikan terkait penentuan saat panen yang ternyata menjadi aspek yang sangat penting. Hal ini dikarenakan ketidak tepatan penentuan saat panen mengakibatkan meningkatkan kehilangan hasil yang tinggi dengan mutu jahe rendah. Usia panen juga ditentukan atau direncanakan sebelumnya. Hasil panen untuk konsumsi dapat dipanen usia ± 8 bulan. Hasil panen orientasi untuk bahan tanam baru unur > 10 bulan.

"Guna meningkatkan kualitas panen yang tepat, pemanenyapun harus dilakukan pada usia yang tepat juga menggunakan alat yang tepat. Penanganan panen dan pasca panen secara tepat dapat menekan kehilangan hasil sehingga mengoptimalkan produksi jahe. Waktu terbaik panen jahe pada pagi hari, dengan usia jahe gajah yang siap panen  sekitar 8 bulan untuk konsumsi. Kondisi tanaman yang siap panen sudah ripah, tunas sudah tumbuh, serta daun dan batang sudah menguning. Sedangkan alat yang digunakan diantaranya cangkul, pisau, keranjang /rinjing, karung goni, ganco dan sikat," kata Gatut.

Materi kedua lanjut Gatut,  pembahasan tentang pengendalian secara alami dengan memanfaatan agensia hayati. " Untuk pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) yang direkomendasikan adalah Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Pengendalian ini diarahkan pada pendekatan yang mengandalkan peran agroekosistem. Agensia hayati yang umum digunakan yaitu daun mimba, serai, daun srikaya, daun sirih, daun pucung/kluwak, dan cengkeh," pungkasnya. (Red)

Tidak ada komentar: