Sistem Informasi Pelaporan Efek Samping Obat RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Selasa, 20 Juni 2023

Sistem Informasi Pelaporan Efek Samping Obat RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan

Selasa, 20 Juni 2023(11.32) Wib

Mediaportalpacitan.com
Pacitan - RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan mengedepankan pelayanan kesehatan dalam aspek keselamatan bagi pasien. Salah satunya adalah obat sebagai penunjang pelayanan kesehatan, harus memenuhi kriteria berkualitas, memiliki efek terapi, dan terjamin keamanannya. Meskipun obat telah lulus uji klinis sebelum diedarkan, pemantauan keamanan obat setelah diterima pasien, menjadi salah satu keharusan. 

Kepala Instalansi Farmasi RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan Ernis Suluhwangi,S Si, Apt menjelaskan, salah satu contoh adalah adanya peningkatan kasus gangguan ginjal akut atau AKI ( Acute Kidney Injuri) yang terjadi pada anak usia 0 - 8 tahun yang mayoritas anak balita setelah minum obat sediaan syrup. Maka perlu ditingkatkan monitoring efek samping obat.

“Monitoring Efek Samping Obat (MESO) adalah kegiatan pemantauan dan pelaporan respon atau reaksi terhadap obat yang tidak dikehendaki yang  terjadi pada pemakaian dosis normal. " kata Ernis didepan Awak media Selasa (20/06/2023).

Lanjut Ernis, efek samping obat perlu dilaporkan, digunakan sebagai bahan untuk mendeteksi dan menilai keamanan obat baik penggunaan jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk itu RSUD dr. Darsono Kab. Pacitan mempunyai inovasi Sistem Informasi Pelaporan Efek Samping Obat yang dikembangkan melalui Aplikasi SIPON CERIA

Jika terjadi efek samping obat pasien bisa melaporkan melalui aplikasi SIPON CERIA dengan menu Efek Samping Obat. 

(GAMBAR APLIKASI SIPON CERIA DENGAN MENU EFEK SAMPING OBAT) 

"Diharapkan aplikasi tersebut dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan pelaporan jika terjadi efek samping obat” Lanjut Ernis

Monggo segera download aplikasi yang disediakan RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan bisa dinikmati kemudahanya dan jangan lupa infokan ke keluarga dan teman - teman yaa," narasi yang disampaikan Ernis dengan nada yang lembut dan bijak.

Editor/pewarta; Agus Hermawan

Tidak ada komentar: