JSM, Mantan Napi Belajar Hijrah Dengan Jalin Silaturahmi Dan Mandiri - mediaportalpacitan.com

Breaking

SELAMAT DATANG DI MEDIA PORTAL PACITAN

Kamis, 21 April 2022

JSM, Mantan Napi Belajar Hijrah Dengan Jalin Silaturahmi Dan Mandiri

Kamis, 21 April 2022

MediaportalPacitan.com
Pacitan - Untung tidak selalu dapat di raih, malang tak senantiasa bisa di tolak. Demikianlah petatah petitih tempo dulu mengajarkan kepada kita tentang nasib dan peruntungan. Maka, jika lantas peruntungan itu membawa ke balik jeruji besi, itu tidak secara serta merta berarti hidup telah berakhir. 

Prinsip itu disadari betul oleh sekira 50 orang mantan napi di Pacitan. Akhirnya mereka menghimpun diri dalam wadah Jalin Silaturrahmi Mantan Napi (JSM). Aris Rahmanto, SPd yang menjadi ketua, kepada para pewarta menjelaskan tujuan dibentuknya oraganisasi tersebut, yaitu untuk "Memberdayakan mereka (Manap) agar bisa hidup layak ditengah masyarakat. Hidup sebagai makhluk sosial dan sebagai manusia yang mampu untuk mandiri. Kami ingin hijrah dari kegelapan masa lalu menuju cahaya Gusti Allah. "

Pria yang mantan Kepala Desa Sooka, Kecamatan Punung, Pacitan itu menambahkan, "Alhamdulillah, dengan keberadaan JSM dari Pihak Rumah Tahanan klas IIB Pacitan bekerjasama dengan Pihak ke III bisa membantu Modal Usaha bagi Mantan Narapidana."

Disadarinya, masyarakat masih suka memandang curiga kepada para mantan napi. Oleh karenanya, ia berharap untuk senantiasa diingatkan.  "Saya pribadi dan teman-teman mohon bantuan saran, masukan pendapat dan Lain sebagainya untuk dapatnya JSM ini bergerak kedepan."

Dengan semangat yang sama, Rudy Keket, yang berasal dari Kebonagung dan terkena kasus benur pun berharap, "Semoga pihak Rutan bisa meyakinkan pihak perbankan dan finance lainnya guna membantu modal. Untuk bikin keramba benur."

Sementara beberapa orang memilih beternak kambing, seperti Chaerul dai Ngadirojo dan Yoyok Eko Saputro, dari Ngadirjan Pringkuku. "Saya sudah mengurus Surat Keterangan Usaha bidang ternak kambing setingkat PIRT (Pabrik Industri Rumah Tangga). Semua para pihak yang terkait berkenan membina kami," kata Eko.

Editor.          : Agus Hermawan

Kontributor : Heri Bahtiyar

Tidak ada komentar: